Kamis, 20 Juni 2013

KIAT SUKSES BERWIRAUSAHA


KIAT SUKSES BERWIRAUSAHA

Sukses tidak datang tiba-tiba, tetapi ada perjuangan yang harus dilalui untuk mencapai kesuksesan. Pada kali ini saya ingin berbagi informasi mengenai kiat menjadi sukses. Ini bukan tentang saya karena sayapun belum sukses,  tetapi hanya merangkumkan hasil ngobrol-ngobrol dengan teman-teman yang sukses berwirausaha. Berikut beberapa kiat yang saya simpulkan dari teman-teman yang sukses berwirausaha :

1.  Tumbuhkan rasa percaya diri. Rasa percaya diri sangat dibutuhkan untuk orang yang berniat berwirausaha. Untuk itu, kita harus menilai diri sendiri secara positif. Nilailah potensi diri secara objektif dan proporsional.  Sebagai contoh, ada salah satu teman yang lulusan Fakultas Ekonomi tetapi sukses menjadi kontraktor. Pada awalnya, dia berani menjadi kontraktor karena memiliki banyak teman dari Teknik Sipil. Salah satu temannya ditarik menjadi staf perencana sekaligus pelaksana, sementara dia sendiri mengurusi manajemennya. Dia belajar sedikit dari pengalaman (learning by doingi), dan sekarang walaupun tetap mengurusi manajemen, tetapi sudah mampu untuk memberikan masukan pada stafnya tersebut.
2.  Memanfaatkan setiap peluang. Saya ingin cerita mengenai teman kost saya dulu di Yogyakarta. Pada saat itu, dia bersama pacarnya menemani saya ke Gramedia untuk mencari buku. Saya mencari buku yang saya butuhkan sementara dia dan pacarnya melihat-lihat koleksi buku di Gramedia. Saat itu dia membeli beberapa buku yang merupakan buku berseri mengenai pembuatan kerajinan patchwork, sebuah kerajinan yang berasal dari Belanda dengan menggabungkan kain-kain perca yang berbeda menjadi sebuah motif tertentu dan dalamnya diberi lapisan. Diapun bersama pacarnya, mulai belajar menjahit dan membuat pola dengan teknik patchwork, dan membuat berbagi produk  seperti bed cover dan sarung bantal. Pada mulanya, dia menjual produknya sebatas teman-temannya dan saudara-saudaranya di Kalimantan dan Jakarta, sampai kemudian ada yang membantu memasarkannya di Jakarta dan Kalimantan. Dengan usahanya tersebut dia mampu membiayai kuliahnya sendiri.
3.   Tidak menunda usaha yang sudah direncanakan. Kebanyakan kita sering menunda-nunda usaha yang sudah direncanakan, karena terlalu banyak berpikir, dan segalanya harus perfect ketika melakukan usaha. Kalau berpikiran seperti itu, maka bisa jadi akan keduluan orang lain.
4.  Menentukan jenis usaha berdasarkan pasar. Ada salah satu teman yang mempunyai rumah dekat dengan kampus. Pada mulanya dia ingin menjual sembako karena orang tuanya mempunyai penggilingan beras. Orang tuanya memberikan masukan  dengan menyatakan bahwa usaha tersebut kurang cocok karena sebagian besar warga merupakan pendatang berstatus mahasiswa. Akhirnya dengan saran orang tua dia membuka laundry, dan Alhamdulillah usahanya sekarang lumayan maju.
5.  Tidak berhenti belajar dan berinovasi. Inovasi  yang dimaksud di sini bukan dalam konteks yang negatif, seperti yang dilakukan sebagian pedagang bakso dengan menambahkan boraks untuk mengawetkannya. Tapi yang dimaksud di sini adalah inovasi dalam menciptakan produk baru, atau inovasi dalam pemasarannya. Hal ini misalnya dilakukan oleh produsen kaos "Dagadu Djogdja" yang selalu menciptakan desain-desain baru yang inovatif. Ada juga yang memperluas pemasaran produknya dengan memakai pemasaran secara online.
6.  Tidak berhenti berdoa. Ini memang susah dijelaskan, tapi berdasarkan cerita dari teman yang sukses, semuanya menyatakan tidak berhenti untuk berdoa dan bekerja. Doa dan kerja adalah 2 sisi yang tidak bisa dipisahkan. Walaupun kesuksesan tidak dijaminkan, doa sudah tentu merupakan pengharapan.
7.    Memperbanyak sedekah. Banyak sekali diulas mengenai keutamaan sedekah, tapi di sini saya hanya berbagi pengalaman teman. Saya mempunyai teman yang mempunyai bisnis sampingan jual beli mobil. Suatu hari dia diajak temannya mengunjungi  Panti Asuhan khusus untuk anak-anak. Tadinya hanya temannya yang bersedekah, namun setelah melihat dan bermain dengan anak-anak balita di tempat tersebut, hatinya tergugah dan kemudian memutuskan menyumbangkan hampir semua uang yang ada di dompetnya. Pada hari minggunya, seperti biasa dia membawa mobilnya ke bursa mobil di TVRI Yogyakarta. Alhamdulillah, 3 mobil yang dibawanya terjual semua dengan keuntungan yang lumayan. Menurut dia, hal itu jarang terjadi padanya.
Demikian rangkuman kiat menjadi sukses yang dirangkumkan, hasil ngobrol dengan teman-teman yang sekarang sudah sukses. Ini mungkin belum semuanya mewakili kiat sukses berwirausaha. Barangkali masih ada tambahan yang lain ? ditunggu pendapatnya.


Berbagi Informasi
Berbagi Informasi Updated at: Kamis, Juni 20, 2013

37 komentar:

  1. sangat berguna sekali motivasi dan tipsnya mas, dulu saya pernah jualan di blog, tapi karena saya kurang ulet dan malas, ya gitu dapatnya juga seadanya.
    dalam poin ini saya gagal, karena tidak memenuhi kriteria dari mas isnaeni.
    istri saya pun juga tidak begitu laku dagangannya karena terbentur oleh mengasuh anak, jadi ya jalan di tempat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Trend-nya memang jualan lewat internet. Ada teman yang jualan onderdil kamera bekas lewat FB dan sukses. Istrinya jualan kerajinan juga lewat FB. Mungkin hanya soal waktu ya mas ...

      Hapus
    2. saya sudah tinggalkan mas, dan berganti ke usaha lain semoga saja bisa seperti temannya mas isnaeni

      Hapus
  2. dengan bersedekah akan mendatangkan rejeki, jd kalau rejekinya mau banyak sering sedekah....mksh pak atas tipnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ini juga cuma hasil ngobrol2 sama teman2, katanya sig begitu .. he he

      Hapus
    2. Banyak orang yang cerita, katanya memang gitu ..

      Hapus
    3. Bukan katanya, memang begitu adanya. Kan di Al-Qur'an sudah dijelaskan kalo sedekah itu bisa menambah rezeki dari arah yang tidak terduga (y)

      Hapus
  3. Poin-pin diatas memang sangat penting sob ... :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas Nazar, tapi itu saya hanya meneruskan obrolan dengan teman2. Untuk melaksanakannya memang susah ... he he

      Hapus
    2. kelihatan susah mungkin karena belum di coba kale ya mas

      Hapus
  4. Menumbuhkan rasa percaya diri -nya yang kadang susah Mas, apalagi kalau sudah banyak saingan besar...mungkret duluan. Pernah suatu saat saya main nekat saja, pokoknya tiap pulang ke Jogja, saya bawa barang dagangan...hamdalah, laku juga, walau saingan serupa juga banyak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biasanya bawa barang apa mbak dari Riau ? wah menarik banget, sambil pulkam sambil jualan ...
      saya sudah follow back jg

      Hapus
    2. nah mbak khusna ini bakul nya manik manik dan juga batik dari pasar beringharjo

      Hapus
    3. he he, iso wae lho mas Agus. Kalau manik-manik (dibuat gelang, kalung, dan gantungan kunci), adik istri saya buat sendiri trus disetorkan lagi sama orang yang memasarkan di toko-toko.

      Hapus
    4. tuh kan mbak khusna itu namanya sudah dapat menaklukan saingan mbak dengan sendirinya percaya diri datang tanpa di undang hehe

      Hapus
  5. poin ke 3. Tidak menunda usaha yang sudah direncanakan yang sulit kadang kadang suka ragu mau memulainya mungkin berkaitan dengan poin 1 juga ding

    BalasHapus
  6. Betul mang, kadang orang senangnya yang ideal, tempatnya harus bagus, tertata rapi yang kadang perlu biaya, maka ditunda dulu. Padahal kalau dipikir seadanya dulu yang penting jalan, khan pelan-pelan juga bagus. Ini teorine lho mang, melakukannya mungkin sulit .. he he

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mas kalau melakukannya suka ada was was gimana gituh, seperti poin 1 heheheh

      Hapus
    2. kalau dirasa-rasa memang nomor 1 yang utama harus dimiliki dulu, sebelum memulai usaha.

      Hapus
  7. Rasa percaya diri, dan keyakinan bahwa kita bisa yang susah tumbuh dalam diri ini, seain itu kita sering merasa bosan dalam berusaha hingga kita meninggalkan pekerjaan itu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul, butuh kesabaran ekstra saat pertama mulai usaha, karena biasanya 3 bulan pertama paling tidak kita akan merugi, karena belum banyak konsumen

      Hapus
  8. dan selalu bersemangat. ^_^

    BalasHapus
  9. Balasan
    1. Bener kang Zeer, memang tidak semua orang mampu menjalankannya ..

      Hapus
  10. tips yang bagus, sepertinya kalau kita sungguh2 dalam segala hal, Insya Allah bisa sukses ya Mas

    BalasHapus
  11. Super gan tutornya..
    Sabar dalam hal ini juga diperlukan, sampai kapan pun, kadang usaha bisa naik turun dan butuh waktu untuk menstabilkanya..

    BalasHapus
  12. Senang sekali ketika membaca artikel tips dan motivasi seperti diatas. Semangat usaha kian terpacu. Oh ya saya juga memiliki artikel sejenis yang bisa diakses via www.kiatkiat.com, Thanks atas infonya

    BalasHapus
  13. Tips yang sangat bermanfaat.
    jangan lupa kunjungi web kita www.smartkiosku.com.
    Dapat memudahkan anda dalam berbisnis dan berwirausaha, hanya dengan satu alat untuk semua kebutuhan harian anda.

    BalasHapus
  14. Sangat bermnafaat sekali artikelnya mengenai Kiat Sukses Berwirausaha. Semoga dapat memotivasi teman-teman para pelaku usaha atau teman-teman yang ingin terjun ke dunia bisnis. Tetap semangat gaes, #BukaInspirasi

    BalasHapus

Terima Kasih Atas Kunjungannya
Harap berkomentar yang santun
dan tidak ada unsur SARA dan pornografi
Maaf, komentar dengan link aktif akan dihapus