Sabtu, 18 Januari 2014

TIPS MEMILIH TOKO ONLINE


Perkembangan teknologi informasi, telekomunikasi, dan  internet yang semakin pesat, memicu perkembangan aplikasi bisnis yang berbasis  internet, salah satunya adalah apa yang dinamakan e-commerce atau perdagangan elektronik. Berbagai toko online berkembangan pesat, baik di dalam negeri maupun di luar negeri.

Seiring perkembangan toko online yang semakin pesat, muncul pula apa yang dinamakan cyber crime (kejahatan dunia maya). Banyak bermunculan toko online abal-abal, melakukan penipuan terhadap ratusan bahkan ribuan konsumen. Pada kesempatan ini saya ingin berbagi informasi mengenai tips untuk memilih toko online, agar bisa melakukan transaksi online secara aman. Toko online yang dimaksud di sini adalah sebuah website yang menjual suatu produk kepada konsumen melalui internet. Toko online di sini tidak termasuk website yang hanya menjadi media untuk bertemunya penjual dan pembeli, tetapi dia sendiri tidak menjual produk. Tipsnya adalah sebagai berikut :

Pilihlah toko online yang terpercaya
Hal ini menyangkut keamanan dalam melakukan transaksi perdagangan elektronik. Apa kriteria suatu toko online yang terpercaya ? Menurut saya, sebuah toko online dinilai terpercaya apabila pertama, memiliki domain .co.id. Biasanya toko online tersebut mempunyai badan usaha/badan hukum yang jelas, memiliki alamat yang jelas, dan biasanya juga merupakan sebuah perusahaan besar. Hal ini karena pengajuan domain .co.id biasanya persyaratannya harus lengkap, dan harus memiliki alamat yang jelas.
Apakah toko online dengan domain selain .co.id misalnya .blogsot.com tidak dapat dipercaya ? kalau menurut saya relatif, maksudnya adalah toko online dengan domain .blogspot.com ada juga yang terpercaya, tetapi banyak juga yang diragukan. Toko online dengan domain .blogspot.com yang dapat dipercaya menurut saya kriterianya adalah mencatumkan nomor telepon yang dapat dihubungi, item yang dijual tidak banyak dan bersifat khusus sesuai bidang usahanya, aktif membuat artikel berkaitan dengan bidang usaha/produk yang dijualnya, dan aktif melakukan kegiatan blogging, dan biasanya dikelola perseorangan. Asumsi yang mendasari adalah bahwa toko online abal-abal, tentu akan membatasi untuk berinteraksi dengan blogger lain.

Pilihlah toko online yang melakukan promosi berbayar
Sebenarnya hal ini juga masih berkaitan dengan toko online terpercaya. Hal ini tentu tidak termasuk yang adminnya aktif berinteraksi dengan konsumennya melalui artikel yang ditulisnya dan kegiatan blogging lainnya. Asumsinya bahwa toko online abal-abal tentu tidak mau mengeluarkan biaya yang besar, karena semata-mata untuk menipu konsumen dan mendapatkan keuntungan sebesar-besarnya.

Pilihlah toko online yang menyediakan banyak alternatif pilihan dan memudahkan konsumen mencari produk yang diinginkan
Apabila seorang konsumen membutuhkan suatu produk misalnya sepatu, maka akan menyenangkan apabila tersedia berbagai pilihan sesuai modal dan juga budget yang dimiliki.

Salah satu toko online yang menurut saya memenuhi syarat-syarat di atas adalah toko Online Zalora Indonesia, yang beralamat di Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 71 – 73 Menteng Dalam, Tebet Jakarta Selatan 12870. Toko online ini menyediakan kebutuhan fashion yang menawarkan produk-produk dari berbagai brand terkemuka, baik lokal maupun internasional. Kelebihan yang ditawarkan oleh Zalora Indonesia yaitu, pelanggan tidak dikenakan biaya untuk pengiriman ke seluruh Indoensia dan garansi pengembalian barang jika pelanggan tidak puas atas produk yang diterimanya.
Tips yang disajikan di atas, tentu sifatnya masih umum dan masih ada beberapa yang bersifat khusus, misalnya admin yang sudah dikenal secara pribadi, atau direferensikan oleh konsumen yang pernah menggunakannya.

=== semoga bermanfaat ===

Berbagi Informasi
Berbagi Informasi Updated at: Sabtu, Januari 18, 2014

33 komentar:

  1. Memang harus jeli ya mas dalam memilih toko online :) Jangan sampai salah pilih :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mbak, teman saya ada yang ketipu waktu beli blackberry..

      Hapus
    2. Saya sudah lama belanja ONLINE teurtama belanja Baju Anak Anak dan Kemeja Dewasa. Tdak disebut di sini soale bisa dianggap LINK HIDUP . Saya sudah percaya dengab akuntabilitas dan kredilitas toko ONLINE sampai sekarang.

      Hapus
    3. Betul gan.....

      Hati - hati dan teliti adalah kunci kita kalo mau belanja online. Kita harus periksa betul detail toko dan track recordnya. Apalagi kalo nilai transaksi kita besar seperti pembelian mebel dan peralatan rumah lainya,


      Mebel jepara
      Mebel minimalis
      Mebel jati
      Furniture minimalis
      Toko mebel jepara
      Toko mebel minimalis
      Mebel murah
      Mebel kantor
      mebel minimalis
      Jual mebel minimalis
      Kursi Tamu Jepara
      Mebel minimalis
      Meja makan jepara
      Almari Minimalis

      salam,

      UD.MEBEL JATI
      Jepara

      Hapus
  2. Ih, udah bela2in dateng subuh2 masih keduluan juga? Hikz huwaaa :'(

    BalasHapus
    Balasan
    1. larinya kurang kenceng mbak Etika Maria, jadi keduluan .. hehehe

      Hapus
    2. CARA MEMILIH BELANJA ONLINE TERPECAYA
      http://indonugraha.blogspot.co.id/2016/02/cara-memilih-belanja-online-terpecaya.html

      Hapus
  3. Yups benar sekali Mas, kita harus selektif kalau milih toko online, kalau nggak bisa rugi :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mas, pernah kakak saya mau beli mebel dari suatu blog yang katanya beralamat di Jepara. Ketika dicek alamatnya sama teman, ternyata gak ada di situ ..

      Hapus
  4. Tips yang bagus pak, memang sekarang banyak sekali tipuan dengan modus2 yang semakin canggih. Terimakasih sharingnya. Salam sukses

    BalasHapus
  5. mantap nih tipsnya mas..buat yang sering ke toko online lyak dicoba

    BalasHapus
  6. terimakasih udah berbagi tips yang bermanfaat ini mas, jadi kita harus lebih selektif dalam memilih toko online ya mas

    BalasHapus
  7. hati-hati ya mas kalau mau shooping online agar nggak ditipu :)

    BalasHapus
  8. iya Mas, zalora memang keton bonafide tur ana kualifikasine ya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. khusus fashion, biasane juga sok ngewehi diskon lewat kartu kredit ..

      Hapus
  9. kita harus lebih selektif dalam memilih toko online ya mas.,?

    BalasHapus
  10. saya belum pernah belanja di toko online nih mas, masih ragu-ragu soalnya harus hati-hati yah kalau tidak bisa tertipu :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang harus hati-hati, dan kalau memang toko online-nya terpercaya gak masalah mas Anthonie, itu kang Asep Haryono sudah biasa melakukan pembelian di toko online ..

      Hapus
  11. Tipsnya bermanfaat, kadang ragu berbelanja di toko online, bisa dijadikan acuan

    BalasHapus
  12. Mantap sekali tips tentang cara berbelanja online aman, kunjungi juga ya toko online parabola terpercaya gdelyn.

    BalasHapus
  13. Iya, pilih bukan yang cuma punya nama besar aja, kadang pelayanannya ga simple, ada yg satu2 lah barangnya baru dikirim, kalo menurut gue itu ga efisien sih menurut gue #pengalamanpribadi. Tapi disini pelayanannya oke >> http://goo.gl/lDPPn9

    BalasHapus
  14. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  15. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  16. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus

Terima Kasih Atas Kunjungannya
Harap berkomentar yang santun
dan tidak ada unsur SARA dan pornografi
Maaf, komentar dengan link aktif akan dihapus