Jumat, 17 Januari 2014

MENGOBATI HIPERTENSI DENGAN PEMIJATAN

Bagi sebagian orang, pijat merupakan salah satu cara ikhtiar untuk menyembuhkan penyakit. Namun, dalam proses pemijatan kita juga tidak boleh sembarangan, karena hal tersebut dapat berakibat yang kurang baik bagi kesehatan. Pada kesempatan ini, saya ingin berbagi informasi mengenai teknik pemijatan untuk pengobatan hipertensi, yang dirangkumkan dari buku "Care Yourself Hipertensi" karangan Setiawan Dalimartha dkk.

Pijat bekerja berdasarkan teori akupuntur, yaitu energi (qi), meridian atau sistem peredaran energi di dalam tubuh, dan titik pijat/titik akupuntur. Adapun titik pijat adalah tempat berakumulasinya energi vital tersebut. Pemijatan dilakukan dengan mengaktifkan titik-titik pijat tersebut. Pemijatan untuk penderita hipertensi tidak boleh dilakukan apabila orang tersebut terlalu lapar, terlalu kenyang, terlalu emosional, atau sangat lemah. Pada penderita yang sangat lemah, pemijatan hanya untuk menguatkan kondisinya dan jumlah titik yang dipergunakan jangann terlalu banyak. Kondisi ruangan juga harus diperhatikan dan tidak boleh terlalu panas atau terlalu dingin, serta harus mempunyai sirkulasi udara yang baik.

Proses pemijatan mempunyai 2 reaksi, yaitu reaksi menguatkan (yang) dan reaksi menurunkan (yin), dan ini harus diperhatikan, reaksi apa yang ingin dilakukan. Pijatan yang dilakukan selama 30 tekanan atau putaran dan searah dengan jamur jam. Pijatan yin dilakukan selama 40 tekanan atau putaran dan berlawanan dengan jamur jam. Pijatan bisa dimulai setelah menemukan titik pijatan yang tepat, yaitu timbulnya reaksi pada titik pijat berupa rasa nyeri atau pegal. Beberapa titik-titk utama dalam pengobatan hipertensi adalah sebagai berikut :

LI 11 Quichi. Digunakan untuk menurunkan panas dan ketegangan otot.

Mengobati hipertensi dengan pemijatan, quichi
Titik L11 Quichi

ST 36 Zusanti. Digunakan untuk menguatkan badan, memperkuat aktivitas lambung, dan mengurangi gejala mual yang ditimbulkan akibat pusing.

LR 3 Taichong. Merupakan titik hati, digunakan untuk mengurangi sakit kepala, vertigo, stress emosional, dan penglihatan kabur.

LR 2 Xingjiang. Digunakan untuk mengatasi sakit kepala, pusing, insomnia, kejang, kejang, dan tekanan darah tinggi.

Titik St 36 Zusanli, LR 3 Taichong, dan LR 2 Xingjiang

ST 9 Renying. Merupakan titik pertemuan antara meridian lambung dan meridian kandung empedu.

Titik ST 9 Renying

 CV 12 Zhongwam. Titik dominan organ lambung.

Titik CV 12 Zhongwam

BL 23 Shensu. Digunakan untuk menguatkan ginjal.

BL 18 Ganshu. Digunakan untuk mengatasi gangguan pada fungsi hati dan kelainan keseimbangan, epilepsi, dan kejiwaan.

Titik BL 18 Ganshu dan BL 23 Shenshu

KI 3 Taixi. Merupakan titik organ ginjal.

Titik KI 3 Taixi

Pemijatan dapat dilakukan dengan jari tangan, siku, telapak tangan, pangkal lengan tangan, kepalan tangan, maupun dengan alat bantu lain yang tumpul.

== semoga bermanfaat ==

Berbagi Informasi
Berbagi Informasi Updated at: Jumat, Januari 17, 2014

56 komentar:

  1. pertama bukan ya.
    abah dulu menderita karena sakit ini. :-(
    baru tahu saya cara menanggulanginya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau saya biasanya di pijat jika kecapean Mas Is?
      kalau pemijatan dari artikel ini jangan sampai deh yah Mas?
      Kareana saya lebih suka sehat dari pada menderita Hipertensi hkhkkh :D

      Hapus
    2. @Mukhamad Solukudin : semoga bermanfaat ya mas ..
      @Saud Karrysta : mudah-mudahan kita gak sampe kena hipertensi mas ..

      Hapus
  2. mantap nih mas.. bagi yg hipertensi lyak dicoba nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya mas, mudah-mudahan bermanfaat bagi penderita hipertensi ..

      Hapus
  3. ibue' perlu baca artikel pemijatan ini nih, soalnya kalau mijetin saya.... suka sembarangan dan sekenanya, bahkan suka mijetin yang lain-lainnya kang

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah, kang Hadi sama bas Budi bisa saja, emang ibue suka sembarangan mijet apaan ?

      Hapus
    2. ati-ati kang lembu tar kepijet senjata pamungkas bisa berabe tuh hehehe....

      Hapus
  4. Wah .. keren Kang .. cocok banget buka panti pijet .. Xixixixi... Eh, Kang, bukannya hipertensi bahaya kalau dipijet .. ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau yang saya tahu, kalau diurut memang tidak boleh, ini juga saya dapat dari tukang pijat yang beberapa kali memijat saya. Kalau teknik pemijatannya terarah dengan teknik akupressur tidak menjadi masalah, asal sesuai ketentuan

      Hapus
  5. informatif sekali, tp kl musti praktek ndiri takut, mas. nanti malah salah urat :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau titik-titik yang saya deskripsikan saya juga belum pernah memijit sendiri, tapi saya sering memijit sendiri titik-titik refleksi, dan biasanya sedikit mengurangi sakit yang diderita ..

      Hapus
  6. Semuanya memang harus diserahkan kepada ahlinya termasuk bila kita ingin pijat untuk meringankan gejala sakit akibat hipertensi. Luar biasa! pada tubuh manusia ada titik-titik 'sentral' sebagai titik akupuntur kunci masuk untuk upaya 'penyembuhan'. Salam cemerlang!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam cemerlang juga mas Herdoni, barangkali memang seharusnya diserahkan pada ahlinya ..

      Hapus
  7. selain dapat menghilangkan rasa pegal ternyata pijat juga bisa meringankan orang yang sedang skit hipertensi,..wahhh... baru tahu saya ,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tadinya saya juga gak tahu, inipun saya ketahui setelah baca-baca buku ..

      Hapus
  8. Wah dapat pengetahuan lagi ni dari mas Isnaeni, semoga nanti bisa bermanfaat dilain waktu.

    BalasHapus
  9. ternyata ada titik-titik tertentu ya mas untuk dipijat untuk mengobati hipertensi ini. Bisa dicoba nih tips nya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. asal dilakukan dengan teliti, mudah-mudahan bisa meredakan hipertensi ..

      Hapus
  10. Kunjungan sore mampir di artikel Mas Mohoammad. dapet info
    Dan ilmu baru dalam mengobati Hipertensi dengan pemijatan
    Terima kasih Mas Is atas ilmu dan berbaginya salam sukses :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam sukses juga mas Saud Karrysta, semoga artikelnya bermanfaat ...

      Hapus
  11. wah ini yang dijelasin ilmu china semua ya mas hehe..

    ternyata dalam pijat memijat itu ada ilmunya ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener mas, memang dari Cina dan gak tahu kapan ditemukan dan diterapkannya metode tersebut ..

      Hapus
    2. kayanya sejak zaman pak koang mas :D

      Hapus
  12. tanya............. apa tidak ada dampak buruknya jika :
    1. seandainya kurang pas posisinya dengan titik yg dimaksud.
    2. tekanan pijitan terlalu keras atau terlalu lemah.

    terima kasih sebelumnya, suhu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terus terang kalau titik-titik di atas saya juga belum pernah mencobanya, tapi kalau beberapa titik refleksi di kaki sudah sering saya lakukan sendiri. Nanti kita akan bisa merasakan kalau titik yang dpijit sudah pas karena akan terasa sakit. Kalau biasanya, saya pijit bertahap, mulanya sebentar karena kadang sakit banget, berhenti sebentar saya lakukan lagi. Nanti lama-lama rasa sakit di titik refleksi itu mulai berkurang dan berkurang, dan biasanya setelah itu keluhan-keluhan juga berkurang. Insya Allah, besok tak cari literatur tentang pijat refleksi di kaki (karena saya hanya tahu beberapa titik saja), dan nanti saya postingkan

      Hapus
  13. Kalo saya menguasai ilmu ini, pertama sekali pasien saya adalah orang tua saya, sebagai wujud rasa berbakti ke orang tua, habis tu ke istri, biar istrinya tambah kagum dan cinta .. hehehe,, pastinya merka yg saya sebutin diatas tambah bangga dengan saya.. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang ketiga buat siapa mas, apakah untuk istri yang lain .. ? hehehe

      Hapus
  14. selain mencoba pengobatan herbal yang bebas efek samping, pemijatan juga dapat meringankan hipertensi ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mbak. Saya sering membaca mengenai hipertensi karena punya riwayat turunan. Pengendalian dan pengobatan hipertensi menurut yang saya baca, selain dengan obat juga ada pengendalian tanpa obat melalui perilaku hidup, juga bisa dengan obat herbal, terapi jus, yoga, dan terakhir teknik pemijatan

      Hapus
  15. Terima kasih informasinya mas Is...Hipertensi ini memang sangat susah menanggulanginya. Ternyata bisa dilakukan dengan pemijatan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mas, sayapun tahunya dari baca-baca buku. Dari beberapa buku tentang hipertensi, ada buku yang mengungkapkan demikian, dan informasi inipun saya rangkumkan dari buku itu. Saya yakin karena pengarangnya sendiri (ada 5 orang) yang 4 orang adalah dokter

      Hapus
  16. Terimakasih mas tips dan informasinya ... :) Sangat bermanfaat sekali mas ... :D

    BalasHapus
  17. teknik pemijatan ternyata bisa jadi alternatif buat mengobati hipertensi ya mas Is, terimakasih mas udah sharing informasinya semoga bermanfaat buat kita semua :)

    BalasHapus
  18. harus juga dengan tangan atau orang yg memang ahli kan mas

    BalasHapus
  19. Balasan
    1. iya mas, menjaga kesehatan khan lebih baik daripada mengobati .. hehe

      Hapus
  20. Dengan pijat badan terasa ringan ya mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. enak juga mas dipijti, tidur juga jadi lebih nyenyak

      Hapus
  21. wah terimakasih mas isnain.. ini sangat berguna mas, saya suka sakit kepala dan susah tidur.. mungkin bisa menggunakan pemijatan pada kaki ya mas.. hehehe kapan kapan saya coba mas hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mangga, kalau yang biasa saya coba itu refleksi di kaki, dan menurut saya paling tidak bisa meredakan

      Hapus
  22. ternyata ada titik-titik tertetu yang berhubungan dengan hipertensi ya mas :)

    BalasHapus
  23. ternyata ada ilmu sasaran untuk hipertensi dalam memijat ya mas,,,,
    boleh praktek ni

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener mbak, kalau gak salah asalnya dari China

      Hapus
  24. top banget. ilmune akeh temenan Rika jan.. tek tandai ya postingan kiye, sapa ngerti penting mengko

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halah aku juga mung ngringkes sekang buku, kabeh wong juga bisa .. hehehe

      Hapus
  25. ini termasuk cara alternative ya mas..

    BalasHapus
  26. tak simpeni mas, klo sakit tinggal pijat sesuai petunjuk, bermanfaat bnget

    BalasHapus

Terima Kasih Atas Kunjungannya
Harap berkomentar yang santun
dan tidak ada unsur SARA dan pornografi
Maaf, komentar dengan link aktif akan dihapus