Selasa, 14 Januari 2014

5 JURUS YOGA UNTUK MENGENDALIKAN HIPERTENSI

Yoga berasal dari bahasa Sansekerta "yuf " yang berarti menghubungkan atau menyatukan. Secara horizontal berarti menyatukan tubuh-pikiran-jiwa dalam keselarasan yang alami. Secara vertikal berarti menyatukan kesadaran diri kita dengan Tuhan. Yoga juga sering disebut sebagai induknya senam, karena gerakan senam banyak terinspirasi dari gerakan yoga.

Banyak manfaat yang bisa dipetik dari yoga dan salah satunya adalah untuk mengendalikan hipertensi. Pada kesempatan ini, saya ingin berbagi informasi mengenai jurus yoga untuk mengendalikan hipertensi yang saya kutip dari buku "Care Yourself Hipertensi" karangan Setiawan Dalimartha dkk.

PERNAPASAN OASE
Tujuannya adalah menenangkan dan menyejukkan kalbu. Genggam tangan beberapa kali agar lebih relaks. Berdiri seimbang, tangan diturunkan. Kemudian jari-jari dijalin secara longgar di depan badan. Hirup napas sambil mengangkat kedua tangan hingga ke depan mulut (seperti menyiduk air sejuk untuk direguk), lalu buang napas dengan membalikkan telapak tangan ke atas, lalu angkat lengan ke atas sampai terasa peregangan.
Ambil napas lagi, lalu turunkan tangan ke depan mulut, balikkan tangan dan buang napas. Lakukan gerakan ini antara 6-12 kali (bernapas dilakukan dengan lembut, demikian juga ketika meregangkan lengan ke atas). 

BIDALASANA (CAT STRETCH)
Tujuannya membuat punggung leher, pundak, seluruh badan, dan pikiran relaks. Caranya ambil posisi merangkak. Telapak tangan vertikal dengan bahu, sedangkan lutut vertikal dengan panggul. Ambil napas, tarik punggung ke dalam dengan lembut, dan kepala agak tengadah.
Buang napas, tarik otot perut (tak usah kuat-kuat) sambil melengkungkan punggung ke atas. Rasakan peregangan sepanjang tulang belakang, leher  dan pundak. Napas lambat seiring gerakan. Dapat dilakukan sampai 2-3 set, masing-masing terdiri dari 8 kali. Selingi istirahat  di antara setiap set, yaitu duduk nyaman, boleh bersila atau menyelonjorkan kaki.

Jurus Yoga Bidalasana
Gerakan Bidalasana
JANU SIRSANA
Tujuannya untuk melepaskan stres, menyehatkan saraf punggung dan panggul. Langkah yang harus dilakukan adalah duduk, kaki kanan ke depan dan telapak kaki kiri pada paha kanan bagian dalam. Ambil napas sambil mengangkat kedua lengan ke atas.
Buang napas, bungkuk badan ke depan dan tangan menjangkau kaki kanan. Ketika membungkuk, perut dibiarkan relaks, otot jangan ditarik masuk. Masing-masing sisi 4 kali. Pada hitungan ke-4, tetaplah pada pose membungkuk selama kira-kira 3 tarikan dan hembusan napas dan rasakan perut yang mengembang sesuai napas.

Jurus Yoga Janu Sirsana
Gerakan Janu Sirsana
LYING TWIST
Tujuannya untuk menghasilkan kesegaran dan rasa kebebasan. Caranya dengan berbaring. Tekuk lutut kanan di atas perut. Kemudian bawa ke lantai sebelah kiri badan.
Diam dan nikmatilah pose ini sesukanya. Gerakan ini dapat dilakukan selama 1-2 menit. Biarkan napas berlangsung wajar, rasakan dada kanan menjadi lega dan lapang. Lalu kerjakan pada sisi lainnya.

Jurus Yoga Lying Twist
Gerakan Lying Twist
NADI SHODAN
Tujuannya untuk menenangkan, menyeimbangkan aliran energi, 'menghidupkan'  sel otak. Langkah-langkahnya duduk sila di lantai atau bisa juga duduk di kursi yang mantap, dengan telapak kaki menapak lantai.  Tutup lubang hidung kanan dengan ibu jari tangan kanan, dan bernapas melalui lubang hidung sebelah kiri. Lalu tutup hidung kiri dengan jari telunjuk, buka lubang hidung sebelah kanan, dan keluarkan napas. Begitu seterusnya secara bergantian. Mata terpejam.
Bernapaslah secara lambat, lembut, rata dan tak bersuara. Diamlah sejenak antara napas masuk dan keluar, begitu juga antara napas keluar dan masuk. Kerjakan hal ini 5 putaran.

Jurus Yoga Nadi Shodan
Gerakan Nadi Shodan

=== Semoga bermanfaat ===

Berbagi Informasi
Berbagi Informasi Updated at: Selasa, Januari 14, 2014

102 komentar:

  1. Balasan
    1. betul mas, ringan gerakannya, tapi ada manfaatnya

      Hapus
    2. Saya konon juga sering diisukan mengidap HIPERTENSI dalam artian tekanan darah tinggi. Begitu saya check up ke dokter ternyata kandungan zat tertentu di dalam tubuh saya agak banyak sehingga menyebabkan tekanan darah tinggi. Mereka bilang sih "agak" tinggi. Saran mereka mengurangi gorengan

      Hapus
    3. kalau saya mengalami hipertensi kalau setelah makan - makanan yang enak eh pas giliran gak ada makanan baru tekanan darah saya naik ( marah marah ) ehheeh

      Hapus
    4. mang yono sih terbiasa makan tempe terus jadi darahnya tinggi, tempe lagi tempe lagi sambil gebrak meja makan

      Hapus
    5. Kalau sekarang mang Yono senengnya makan jamur cak Agus ..

      Hapus
    6. mungkin karena lagi bosan tempe, cari makanan lain

      Hapus
  2. saya belum pernah melakukan yoga nih mas...makasih tips dan infonya

    BalasHapus
  3. langsung praktekin ah, biar capek-capek ilang setelah Yoga..:)

    BalasHapus
  4. Saya tertarik dengan yoga ini, tapi kl coba-coba sendiri saya ga berani kl ga ada guru.. takutnya ntar salah-salah dan berisiko ke fisik..

    Kunjungan sore mas :)

    BalasHapus
  5. Yang gerakan janu sirsana kok itu agak susah ya mas..sudah kaku sih

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya juga sulit yang itu mbak .., saya juga sudah terlanjur kaku. Biar lemes mungkin berendam dulu di minyak tanah .. hehehe

      Hapus
  6. Terima kasih infonya sob sangat bermanfaat

    BalasHapus
  7. Gerakannya cukup aneh sob, jadi mikirin sesuatu nih :D

    BalasHapus
  8. wah bagus ini mas yoga nya. Hipertensi memang harus di obati, kalau bisa ya sebelum kita terserang, kita cegah terlebih dahulu dengan pola hidup sehat ya mas. Informasi yang menarik dan menambah wawasan untuk kita semua :)

    BalasHapus
  9. Gerakan-gerakan yoga kalo dilakukan dengan baik, memang memberikan efek yang bagus untuk kesehatan tubuh. Melakukannya membutuhkan kesabaran dan telaten hingga mendatangkan pengaruh positif terhadap tubuh. Hanya saja, saya gampang bosan melakukan kegiatan-kegiatan olah raga apapun.

    BalasHapus
  10. wah sangat membantu dan bermanfaat kang,,,trimakasih informasinya

    BalasHapus
  11. bermanfaat ni kang, , sangat sangat . . . :)

    BalasHapus
  12. Wah, mesti ngajarin tanteku soal ini.. Beliau penderita hipertensi, thanks

    BalasHapus
  13. sebenarnya banyak sekali manfaatnya ya mas. tapi kenapa ada saja yang memberikan kontroversial masalah yoga. yang katanya ada fatwa yoga itu haram...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau semata-mata untuk senam, dan bukan bermaksud untuk meditasi, saya pikir gak papa mas, toh kalau saya baca di google, senam juga diperbolehkan ..

      Hapus
  14. Balasan
    1. jurus untuk melawan hipertensi mas jangan untuk berantem hehe...

      Hapus
    2. Kalau jurus untuk berantem paling efektif jurus langkah seribu mas Anthonie .. hehe

      Hapus
  15. ternyata yoga bisa juga untuk mengendalikan hipertensi yah mas, makasih infonya nih sangat bermanfaat :)

    BalasHapus
  16. makasih mas infonya, ternyata gerakan gerakan ringan yoga bisa mengendalikan hipertensi yak ;) hemm

    BalasHapus
    Balasan
    1. katanya seperti itu, itu juga saya comot dari buku informasinya .. hehe

      Hapus
    2. artikel mas is saya comot juga ya hehehe

      Hapus
    3. Pisang goreng di meja makan boleh juga tuh dicomot .. hehe

      Hapus
  17. Kayaknya saya belum pernah melakukan yoga mas, yuk ah kita latihan yoga bareng-bareng hehehe....

    BalasHapus
  18. habis yoga badan jadi segar ya mas.
    sperti senam.

    BalasHapus
  19. ternyata dalam olaharaga yoga punya jurus jurus tertentu ya hehe

    BalasHapus
  20. ijin aku save sob, siapa tau nanti berguna utk teman atau siapa saja...
    ini penting sekali mengingat hipertensi adalah salah satu penyakit berbahaya yg fatal akibatnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mas, banyak yang mengistilahkan the silent killer ..

      Hapus
  21. Menurut berita tahun lalu, penderita hipertensi di Indonesia mencapai sekitar 40 persen dari jumlah total penduduk. Berarti dari 10 orang penduduk diantaranya 4 orang menderita tekanan darah tinggi. Suatu jumlah yang cukup tinggi dan tentu mengkhawatirkan kita semua. Bagaimana bila penyakit hipertensi ini menimpa keluarga kita? Konon banyak orang yang tidak sadar kalau dirinya terkena hipertensi. Padahal penyakit tekanan darah tinggi yang tidak terkontrol dapat meningkatkan resiko terjadinya kebutaan, stroke, dan penyakit jantung.

    Bagaimanapun, lebih baik mencegah daripada mengobati. Sedia payung sebelum hujan. Tapi biasanya 'hal yang dapat dilakukan dengan ringan di waktu yang longgar' seperti ini terlewatkan alias relatif jarang orang yang melakukannya dengan rutin dan terukur. Bila sudah sakit baru ke dokter, apotek, dan meminum obatnya. Terima kasih sharingnya yang menarik dan bermanfaat. Salam cemerlang!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepakat banget, lebih baik mencegah daripada mengobati ...

      Hapus
  22. saya ga pernah ngelakui yoga gan, pdhal penting juga yah :D

    BalasHapus
  23. JURUS NYA KEREN2 ... ADA JURUS KUNYUK MELEMPAR BUAH VERSI WIRO SABLENG NGGAK MAS ? HEHE

    BalasHapus
  24. harus dicoba nih jurus-jurus nya. Sepertinya boleh juga untuk mencegah dan mengendalikan hipertensi ya mas agar kita sehat :)

    BalasHapus
  25. ternyata mas isna ahli jurus-jurus yoga ya... mantab deh mas, kalau saya deket saya belajar deh

    BalasHapus
  26. di lihat dari manfaatnya...jadi pingin coba juga mas :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Monggo kang ... dicoba sambil nyetel oplosan lebih seru ... hehe

      Hapus
  27. Infonya bermanfaat mas.... tyambah sukses aja hehe

    BalasHapus
  28. menurut saya olahraga apapun itu bagus dan perlu, tapi yoga ini kok sepertinya santai banget tapi efeknya besar. bagaimana kalau olahraga mulut saja mas, menghabiskan makanan...

    BalasHapus
  29. Hahahaha. Mas agus stiya kok sama dengan saya ya pikiranya hahaha

    saya malah belumpernah ikut yoga mas. Kalau lihat di tivi sih kelihatanya yoga ini di fokuska konsentrasinya ya mas..?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang ada unsur meditasinya, tapi menurut saya itu gak perlu, yang penting gerakannya saja ..

      Hapus
    2. Asal gerak juga boleh cak, khan juga olah raga .. hehe

      Hapus
  30. Saya mah gak tau ikut yoga mas. Nyimak aja ya :)

    BalasHapus
  31. yoga gerakan ringan ang terlihat sepele namun ternyata guede bener manfatnya ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tapi ada juga yang sulit gerakan di atas lho mas, yang Janu Sirsana itu saya gak bisa soalnya sudah gak lentur lagi .. hehe

      Hapus
  32. bahaya sekali yah hipertensi itu, harus mengubah pola makan dan pola kesehatan nih untuk menjaga agar tekanan darah tetap stabil ^^. Oh iya tau gak sob yang menjual baju senam terbaru untuk menunjang penampilan ketika senam supaya makin okeee ;) makasih banyak ^^

    BalasHapus
  33. salam kenal,

    yoga dikenal dengan gerakannya yang sangat lentur, perlu waktu berapa lama untuk pemula untuk menguasainya? oya gan klo trmpay yg jual baju senam body image di tanah Jakarta itu di mana ya?

    thanks dan sukses selalu websitenya :)

    BalasHapus
  34. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus

Terima Kasih Atas Kunjungannya
Harap berkomentar yang santun
dan tidak ada unsur SARA dan pornografi
Maaf, komentar dengan link aktif akan dihapus