Senin, 13 Januari 2014

APABILA ANAK SUSAH MAKAN


APABILA ANAK SUSAH MAKAN
Inspirasi postingan ini muncul ketika mendengar dua orang ibu tetangga saya, saling mengeluh tentang anaknya yang susah makan. Anak ibu-ibu tersebut berumur 1 tahun dan 3,5 tahun. Mengapa anak susah makan ? Beberapa buku yang saya baca menyatakan bahwa kesulitan makan seringkali muncul pada anak usia prasekolah. Ini akibat bentuk makanan yang berubah, sehingga pola makan juga berubah. Selain itu juga karena masa perkembangannya yang penuh dengan keingintahuan, sehingga banyak hal yang menarik perhatiannya.
Hal yang biasa dilakukan orang tua kemudian adalah memaksa secara halus atau kasar, atau menyuapi anak sambil jalan-jalan, menjanjikan sesuatu asal anak mau makan, bahkan ada juga yang memarahinya. Ini justru kurang baik, karena anak akan belajar bahwa apabila ia menolak makanan, berarti ia akan mendapatkan perhatian orang tua, walaupun dalam bentuk hukuman.
Lalu, apa yang harus dilakukan orang tua ? Berikut ini, saya mencoba berbagi informasi untuk mengatasi hal tersebut, yang saya dapat dari hasil diskusi dengan teman-teman yang pernah mengalaminya, dan juga dari hasil membaca beberapa literatur. Berikut tipsnya :

Menjauhkan dari berbagai benda yang menarik perhatian
Ketika mengajak anak makan, hendaknya menjauhkan benda-benda yang menarik perhatian, seperti mainan, televisi atau anak-anak yang sedang bermain di sekitarnya.

Memberikan variasi makanan yang menarik perhatian
Tips ini diberikan salah satu teman berdasarkan pengalamannya. Makanan untuk anak hendaknya bervariasi, tidak monoton. Kalau anak bosan nasi, bisa diganti nasi tim atau bubur. Selain itu teman saya juga terkadang menyajikan makanan secara menarik, misalnya nasi yang diberikan dicetak menjadi bentuk bintang atau binatang.

Memuji anak ketika menghabiskan makanan
Memuji anak jika menghabiskan makanan membuatnya merasa dihargai usahanya untuk menghabiskan makanan. Jangan mengancam atau menakut-nakuti anak untuk menghabiskan makanannya, karena itu justru akan membuat anak menganggap bahwa acara makan itu tidak menyenangkan. Lebih bijaksana apabila anak dibujuk perlahan-lahan agar mau menghabiskan makanannya.

Menyuapi anak sambil mendongeng
Tips ini saya dapat dari teman saya yang anaknya susah makan dan ketika makan sukanya di-emut. Ketika menyuapi, dia bercerita atau mendongeng, dan ternyata anaknya kemudian lebih cepat makannya.

Makan Bersama
Beberapa teman memberikan tips bahwa anak akan lebih mudah makan, apabila makan bersama-sama keluarga. Bahkan ada teman yang menyarankan apabila beberapa cara diterapkan tapi anak tetap susah makan, maka ajak anak dan keluarga makan bersama di warung atau restoran.

Memberikan Vitamin penambah nafsu makan
Vitamin penambah nafsu makan sekarang sangat banyak dijumpai di pasaran, tetapi barangkali akan lebih bijaksana apabila dikonsultasikan dulu dengan dokter anak. Beberapa teman juga memberikan tips dengan memberikan jamu cekokan, dan berdasarkan pengalaman ada perubahan nafsu makan.

Tentu saja tips di atas belum bisa mewakili semua cara untuk mengatasi anak yang susah makan. Apabila ada rekan yang masih mempunyai tips lagi, bisa dibagi di kolom komentar.
=== semoga bermanfaat ===

Berbagi Informasi
Berbagi Informasi Updated at: Senin, Januari 13, 2014

69 komentar:

  1. anak seumuran 5 tahun ke bawah itu susah-susahnya diajak makan ya, mesti pandai-pandai ibunya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener mbak, ibunya terutama yang harus lebih memperhatikan karena biasanya anak umur segitu lebih dekat dengan ibunya

      Hapus
    2. Saya sepakat dengan Mba Elsawati Dewi. Anak saya yang lima tahun juga susah diajak makan Organik semacam nasi. Maunya sosis terus. Padahal kan SOSIS banyak mengandung bahan pengawet. Jadi harus pandai pandai membujuknya agar mau makan NASI dan SAYUR MAYUR karena GIZI nya baik buat masa pertumbuhan anak anak

      Hapus
    3. Betul banget mas, walaupun anak juga harus dituruti seleranya tapi tentu dalam batas bahwa makanan tersebut tidak membahayakan, mungkin makanannya perlu dibuat lebih menarik. Saya jadi inget pengalaman adik saya, anaknya suka sekali dengan mie instan dan untuk mensiasati dia membuat mie sendiri dari sayuran. Sekarang mie yang dari bahan sayuran dan tanpa pengawet sudah banyak yang jual, kalau di Jogja ada juga yang buat dari ubi ungu, rasanya enak ..

      Hapus
  2. si om ini ternyata sangat berpengalaman dalam mendidik anak ya, saya jadi bisa belajar lebih banyak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gak juga kok mas Intan, itu cuma hasil baca sama tanya2 pengalaman teman2 saja. Kalau implementasinya pasti lebih canggih mantan pacar saya .. hehehe

      Hapus
    2. wkwkwk.. mantan pacar

      maksudnya isteri ya :)

      Hapus
    3. betul mas, mantan pacar itu istri, tapi sekarang juga tetep masih pacaran kok mas .. hehehe

      Hapus
  3. untuk poin yg terakhir itu setidaknya sbg langkah paling akhir, mas. yg penting mmg kesabaran dan ke-kreatifitasan ortu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mas, apalagi kalau pake cekokan, saya agak kasihan. Dulu anak saya juga gak pernah tak kasih cekokan

      Hapus
  4. ini sama halnya dengan Hayyu beberapa hari lalu mas, dan laporan ibuke kalau hayyu susah makan, akhirnya dengan di gendong dan di alihkan perhatian akhirnya habis juga. Plus Hayyu sekarang sudah punya makanan favorit, wortel dan pentol..
    hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang orang tua harus jeli dengan kesukaan anak, dan tidak ada salahnya dituruti, asal makanan itu sehat ..

      Hapus
  5. Wah mungkin membuat varian makanan lebih menarik akan membuat si anak jadi mau makan mas.. Ya yang jelas butuh kesabaran deh mas dalam meng hadapi anak yang suka makan..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mas, varian makanan yang bervariasi dan menarik, berdasarkan pengalaman dari teman-teman, cukup efektif meningkatkan nafsu makan

      Hapus
  6. Harus punya inovazi sendiri ya mas sebab selera setiap anak kan pasti brbeda...

    BalasHapus
  7. Terimakasih tips nya,bisa langsung di coba nh mas!

    BalasHapus
  8. Dg rayuan biasanya sering kulakukan
    hasilnya anak-anak masku ikut makan
    apa yang aku saat itu makan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini trik yang cerdas, memang kadang anak perlu juga untuk dirayu, tidak hanya wanita .. hehehehe

      Hapus
  9. kebetulan saya paling rewel, bawel dan galak kalau urusan makan anak anak, ibue' sering menjual nama saya kalau ada yang susah makan....kalau nyebut "ayah"...pasti yang tadinya ngga mau makan...langsung blewek blewek lahap deh.
    makasih ilmu susah makannya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe...bener banget kang lembu biasanya si anak cenderung lebih takut kalo si ibu bilang seperti itu....

      Hapus
    2. Tapi sebenarnya lebih baik kalau anak dibujuk, atau suasana dibuat lebih nyaman, atau barangkali juga makanannya dibuat lebih menarik selera makan anak ..

      Hapus
  10. Pas banget mas, anak saya yang sulung susah banget makannya, kayanya sih karna sering jajan...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biasanya kalau sering jajan memang jadi malas makan karena sudah kenyang duluan. Anak saya yang kecil (kls 4 SD), biasanya sama ibunya dibawain makan yang dia suka, tapi kadang2 juga gak mau. Untungnya kalau di sekolah hanya bisa jajan di kantin sekolah, dan makanannya juga makanan yang sehat, jadi sedikit dapat mengatasi masalah .. hehe

      Hapus
  11. memang harus di perlukan kesabaran dan trik agar kita bsa mengatasinya ya mas :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mas, memang butuh kesabaran kalau menghadapi anak kecil ..

      Hapus
    2. Gak juga mas .., kebetulan kedua anak saya gak terlalu rewel kalau makan, cuma kadang2 request jenis makanan tertentu ... hehe

      Hapus
  12. Biasanya saya suka dikasih vitamin sama ibu saya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kadang-kadang itu juga perlu, tapi lebih bijaksana kalau konsultasi juga dengan dokter anak

      Hapus
  13. nice share mass
    Follback ya tinggu follback nya :)

    BalasHapus
  14. Kalo makan biasanya suka uber-uberan haha..

    Blogwalking mas :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini pengalaman pribadi ya mas .. ?
      lumayan buat latihan, siapa tahu bisa jadi atlet lari ..hehehe

      Hapus
  15. Tipsnya nanti saya coba terapkan kalau sudah punya anak mas :D hehehe Sekarang sekolah dulu :D

    BalasHapus
  16. nanti bisa di pake kalau sudah nikah dan punya adek nih.
    oya di suapin sambil main main juga bisa mas, awas keretanya mau lewat, buka gerbangnya aa aa aa aa aemmmmmm maknyus. :-D

    BalasHapus
    Balasan
    1. biasanya seperti itu memang, tapi kalau dari beberapa buku yang saya baca, itu kurang baik, karena menjadi pembelajaran bagi anak khususnya dalam mencari perhatian orang tua ..

      Hapus
  17. ilmunya ane taroh dulu di otak gan...nanti kalo udah punya anak baru di praktekin hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Monggo, disimpan dan diingat, semoga bisa diterpakan besok kalau sudah nikah dan punya anak .. hehe

      Hapus
  18. wah bagus ini mas tips nya. Cocok banget buat mengatasi anak yang sulit makan. Jadi agar mereka nggak sakit, perlu makan teratur ya :)

    BalasHapus
  19. Terimakasih mas udah berbagi tipsnya bermanfaat banget nie, dulu anak saya juga rada susah makannya tapi semenjak dikasih vitamin Alhamdulillah sekarang jadi doyan makannya bahkan banyak tetangga juga bilang kalo anak saya sekarang gemuk gak kurus seperti dulu...

    Biasanya ada juga trik yang biasa digunakan orang tua agar anaknya mau makan misalnya memberikan motivasi dengan iming-iming semacam hadiah entah itu berupa uang jajan atau yang lainnya dan terkadang ada juga orang tua yang suka menakut-nakuti dengan sesuatu hal yang si anak tersebut takut akan hal itu...hehehe....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau dikasih vitamin bagus mas. Dulu trik mengiming-imingi hadiah juga dilakukan mantan pacar saya, tapi ternyata beberapa buku yang saya baca malah kurang bagus. Ini menjadi pembelajaran buat anak menolak makan untuk mendapatkan perhatian dari orang tua

      Hapus
  20. Untuk para bapak dan para emak, artikel yang satu ini wajib di bookmark biar gk kerepotan lagi ketika anak2 susah makan

    BalasHapus
  21. anak sya klo susah mkan lngsung saya bawa ke warung mkan..langsung deh seleranya timbul... :D

    BalasHapus
  22. saya nyimak aja mas..soalnya blum punya anak..heheh

    BalasHapus
  23. Nah kasus kaya gini nh yang bikin para orang tua sedih dan harus bekerja keras untuk merayu supa anak tidak malas makan,,,informasinya keren kang :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul mas Cahyo, orang tua perlu kreatif agar anak mau makan .. hehe

      Hapus
  24. Saya juga setuju mas Isnaeni kalo makan bersama dimasukkan bisa membantu agar anak tidak susah makan, karena disini anak bakalan merasa nyaman ketika berkumpul dengan keluarga mas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mas, banyak teman2 juga melakukan trik di atas dan terbukti efektif

      Hapus
  25. ternyata ada tehniknya juga yah mas biar anak doyan makan, makasih infonya mas :)

    BalasHapus
  26. bisa di coba sama adik saya tuh,.. adik saya juga susah kalau di suruh makan, makasih infonya

    BalasHapus
  27. sebelum waktunya makan, kalau anak sy jangan diberi minum susu dulu, terus di bawa keluar rumah sambil makan,

    BalasHapus
  28. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus

Terima Kasih Atas Kunjungannya
Harap berkomentar yang santun
dan tidak ada unsur SARA dan pornografi
Maaf, komentar dengan link aktif akan dihapus