Minggu, 07 Juli 2013

SELASA WAGE APA RABU KLIWON ?

SELASA WAGE APA RABU KLIWON ?
Setiap menjelang Ramadhan, tentu Indonesia yang penduduknya mayoritas Islam menyambut dengan antusias dan gembira, Tidak kalah antusiasnya juga para ulama dari berbagai ormas Islam dalam menentukan awal puasa. Menteri Agama-pun kemudian memfasilitasi dengan sidang isbat untuk menentukan awal puasa Ramadhan. Sidang isbat direncanakan digelar pada hari Senin, 8 Juli 2013 Jam 17.00 WIB.

Sidang isbat selalu diwarnai dengan perbedaan metode dalam penentuan awal Ramadhan, yaitu metode hisab dan metode rukyat. Metode hisab menggunakan perhitungan matematis terhadap pergerakan benda-benda langit khususnya Bulan, Bumi dan Matahari. Melalui metode  ini, awal Ramadhan sudah dapat ditentukan jauh-jauh hari asal dipenuhi 3 syarat yaitu : 1-Sudah konjungsi/ijtimak, 2-Ijtimak sebelum Sunset, 3-Saat sunset posisi Bulan di atas ufuk. Konjungsi/ijtimak adalah peristiwa dimana Matahari dan Bulan berada dalam satu bujur ekliptika.
Adapun metode rukyat adalah melihat atau mengobservasi (dengan mata atau bantuan alat optik) penampakan atau kemunculan bulan sabit (Hilal) paling awal selepas Matahari terbenam di hari terjadinya konjungsi atau ijtimak. Bila pada saat itu bulan sabit atau Hilal terlihat, maka tanggal baru dimulai. Nah, bila pada saat rukyat itu Hilal tidak terlihat, maka tanggal belum masuk namun ditambahkan atau digenapkan perhitungan hari menjadi 1 hari lagi; baru keesokan harinya tanggal baru mulai.
Metode hisab dimulai dengan menentukan akhir Sya’ban 1434 H di kota Solo. Melalui metode ini, maka  akhir sya'ban akan terjadi pada Senin Pon tanggal 8 Juli 2013 pukul 14:15.32 WIB. Nah, berarti pada saat matahari tenggelam (jam 17:50), usia bulan sudah 3 jam 37 menit (dari jam 14:15.32 sampai dengan jam 17:50), dan ketinggian bulan sekitar 1o 10’ 47” di atas ufuk.  
Kita asumsi bahwa penentuan tingginya bulan (hilal) itu benar, maka permasalahannya adalah dalam hal kriteria wujudul hilal (nampaknya hilal). Muhammadiyah beranggapan bahwa apabila saat matahari terbenam posisi bulan sudah di atas ufuk, maka hilal dianggap sudah wujud. Berdasarkan kriteria wujudul hilal tersebut, maka  awal Ramadhan jatuh pada hari Selasa Wage, 9 Juli 2013.
Sementara pemerintah dan ulama penganut metode rukyat, beranggapan bahwa hilal dianggap wujud apabila tinggi minimal 2o di atas ufuk.  Apabila menggunakan kriteria ini, maka pada hari senin 8 Juli 2012, setelah matahari tenggelam, melalui pengamatan, karena tinggi hilal masih di bawah 2o, maka dianggap belum wujud. Karena hilal belum wujud, maka digenapkan perhitungan hari menjadi 1 hari lagi, sehingga awal Ramadhan jatuh pada Rabu Kliwon, 10 Juli 2013.
Lalu mana yang salah  dalam cara di atas, menurut saya semua benar dan tentu para ulama memilih metode sudah disertai dengan dalil-dalil yang kuat menurut versi mereka. Kalau menurut saya yang salah adalah orang yang tidak puasa. Kalau rekan-rekan blogger mau ikut yang Selasa Wage, monggo. Kalaupun ada yang ikut Rabu Kliwon, juga monggo, yang penting puasanya yang ikhlas dengan niat beribadah kepada Allah SWT, dan jangan batal ya ….

Berbagi Informasi
Berbagi Informasi Updated at: Minggu, Juli 07, 2013

137 komentar:

  1. iyalah Kang, kalo miturut saya ya lebih baik ikuut umara yang mengelola negeri ini. perbedaaan memang nggak bisa terelakkan, mengingat metodenya memang beda. saya makmum imamnya saja lahh..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kuwe susahe kang, aku jamaah nang masjid Muhammadiyah soale paling cedek. Nek aku sih ra manut kana-kene. Tapi mengko nek aku manut pemerintah ra penak juga karo liyane. Sing penak jane melu puasa sing keri, badane sing ndisit ya ... he he

      Hapus
    2. nah kuwi sing ra bender mas isnaeni, poso ne keri bodo ne ndisiki, woooo...gak ilok mas, hehe
      mas isnaeni sebagai imam keluarga harus tegas dan mantep jangan slengekan menentukan awal puasa, kalau ikut saudara muhammadiyah ya ikut dengan mantap, kalau ikut pemerintah ya yang mantep, eh, malah lancang ngomongi sing tuwo cah, sepurone yo mas, hehehe

      Hapus
    3. Kayaknya memang saya harus ngalah sama istri, ikut Muhammadiyah dengan pertimbangan bisa memulai puasa sama2 dan lebaran sama2 juga. Kalau nanti ada perbedaan antara Muhammadiyah dan pemerintah, rencana lebarannya di Jogja ikut Muhammadiyah, setelah silaturahmi dengan penduduk sekitar, baru berangkat mudik

      Hapus
    4. asik dah... yang penting puasa nya

      Hapus
  2. jadi saya masih nunggu pengumuman pemerintah saja nanti. kalo katanya selasa ya saya ikut, kalo rabu ya saya ikut. asal jangan selasa minggu lalu saja.

    BalasHapus
  3. logika saja Kang, mestinya kalo perbedaan metode ini dipake, kadang idul adha juga sesekali berbeda ya? tapi seragam terus ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kuwe sing aku juga bingung, mungkin Ramadhan dianggap lebih spesial apa ya ?

      Hapus
    2. sedikit sedikit ada lah unsur mengunggulkan golongan, entah yang mana, tapi di pek enake ae, kebenaran hanya milik Allah

      Hapus
    3. Yang susah kaya saya yang gak ikut satu golongan manapun, ngertine mung wong Islam, bingung ngikut yang mana. Saya setuju kebenaran hakiki hanya milik Allah, mantap saiki aku mas Agus.

      Hapus
    4. karena saya belajar dari mas isnaeni.

      Hapus
    5. guru ne ya bertiga, muridnya saya seorang diri he

      Hapus
    6. hompimpah baen lah...
      mau pake apa saja semua bener
      yang ga bener itu rapat sebentar tapi ngabisin duit 9 ember
      haha asiiik...

      Hapus
  4. ini nih yang terkadang bikin bingung ya mas, sudahlah kita ikut jadi makmum, jika ada yang mendahului untuk puasa juga tidak ada yang melarang yang penting selalu damai meski berbeda

    BalasHapus
  5. jika ada yang kamis, aku ikut yang kamis :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. ntar lebarannya ikut yang duluan ya mas .. he he

      Hapus
    2. lebaran ikut saya aja mas, pulang kampung

      Hapus
    3. Saya rencana (belum pasti sih) sholat Id di Jogja, silaturahmi dengan penduduk sekitar, trus langsung mudik ke kampung saya di Cilacap. Kalau mas Muroi kemana ?

      Hapus
    4. nanti ada yang naik kereta gak mudik e

      Hapus
    5. gak ada yang ikut saya naik gerbong ? gratis lho

      Hapus
    6. maksudnya yang sepur barang ya mas .., dulu sering pas SMA kalau mudik, tapi sejak ada peristiwa penusukan gak pernah lagi

      Hapus
    7. saya ikut naik kereta mas, turun di pagaden ya..

      Hapus
  6. say akadang ikut pusing mikirin kapan hari pertama ramadhan mas...tapi ya ikut pemerintah saja lah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya juga berpikir ke sana mas Muroi, walau istri kurang setuju karena mungkin akan berbeda dengan penduduk sekitar

      Hapus
    2. hehehe, mas isnaeni terbentur keadaan

      Hapus
    3. Sekarang sudah mantap mas, besok puasa ...

      Hapus
    4. kalau soal memutuskan JK jagonya, lebih cepat lebih baik

      Hapus
    5. kalau kata mas rawin lebih cepat itu menyiksa banget mas, tidak bisa test RPM lebih lama

      Hapus
    6. kecepeten mengko sampluk panci ya mas Agus .. wkwkwkwk

      Hapus
  7. Perbedaan jadwal puasa nggak masalah mas is, yang penting melakukannya. jadwalnya kan udah ditetapkan oleh mereka yang punya peranan. Ikutin saja

    BalasHapus
  8. Yang penting harus tetap menghargai perbedaan :)

    BalasHapus
  9. saya ikut sama ulil amrinya saja,,,,sebagai rakyat jelata, sudah sepantasnya ngikuti pemimpinnya....kalau ingkar...lebih berat tanggungannya.

    BalasHapus
  10. berrati 29 hari?? ehh.. bener ga.. 1234567989..*proses ngitung sedang berlangsung* .

    BalasHapus
  11. hahaha bener juga tuh sob, yang salah tuh orang yang kagak puassa :D
    tapi saya selalu puasa lho :D

    BalasHapus
  12. kalau aku yg duluan aja dech, biar selesai juga duluan....heheee

    BalasHapus
  13. kalau saya dalam posisi mas isnaeni saya mantepkan aja deh mas, kalau ikut saudara muhammadiyah yaang mantep maksudnya mengikuti imamnya saudara muhammadiyah karena ilmunya juga sudah jelas dan dalilnya kuat. kalau tidak sreg ya ikut pemerintah aja, dalil atau dasarnya juga kuat, tidak usah gak enak sama tetangga karena kita juga belajar untuk saling menghargai jeee mas..
    yang tidak boleh itu gini mas, mas isnaeni sahur trus bilang sama istrine puasa, eh pas dhuhur mas is ngunjuk es teh di wese sambil ndodok ngeden di wese, hehehehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu dulu mas, sekarang sudah gak lagi, kapok deh ... wkwkwk

      Hapus
    2. hahaha.....wes sak penake diatur dewek sing penting podo posne podo bodone, ojo lali kirim kupat nok mojokerto mas

      Hapus
    3. Siaap, besok tak kirim via email .. he he he

      Hapus
    4. waaaooo...keren , kupat jaman sekarang

      Hapus
  14. yg penting puasa kita lancar ya sob, gak bolong2..dan niatnya mantap, terserah mau ngikut yg mana aja..

    BalasHapus
  15. Tampaknya awal bulan Ramadhan 1434 H ini ada perbedaan lagi. Versi Muhammadiyyah besok Selasa 9 Juli 2013 M sudah memasuki bulan suci Ramadhan sedangkan versi Pemerintah (kemungkinan besar) ibadah puasa dimulai besok hari Rabu 10 Juli 2013 M. Masing-masing mempunyai landasan argumentasi. Selamat menunaikan ibadah puasa Ramadhan 1434 H.

    BalasHapus
  16. saya sih aliran ikut muhammadiyah jadi ya selasa puasanya, yang terpenting adalah bisa melakukan puasa dengan baik dan lancar :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah kita barengan mulainya. Insya Allah saya juga besok mulai puasa.

      Hapus
  17. berbeda itu memang indah... yang penting menjalankan puasanya, jangan berdebat eh yang berdebat ndak puasa ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. berbeda memang indah, setuju saya mang. Yang penting bagaimana kita menyikapi sebuah perbedaan dengan cara yang arif

      Hapus
  18. entah hari ini entah besok puasanya selamat berpuasa saja deh, semoga lancar-lancar saja semua puasanya

    BalasHapus
  19. namanya juga keyakinan
    ya yakini saja apa yang kita yakini ga usah terpengaruh orang lain. itu lebih bagus daripada punya keyakinan pribadi tapi tak berani bersuara.

    contohnya kyaine nyong biyen
    lebaran ikut pemerintah tapi hari terakhir tidak puasa. tak tanya kenapa, katanya menurut perhitungan dia sudah masuk syawal kalo puasa haram hukumnya. tapi sayang beliau tidak berani menyampaikan itu ke santrinya dengan alasan tidak mau dicap negatif melanggar ketentuan pemerintah.

    menurutku yang setengah setengah seperti ini yang kacaw. punya keyakinan tapi tidak yakin

    ndeyan...

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener, kudune nek wis yakin diomongna, tapi tahun wingi aku malah keluwihan ketone, melune sing gasik tapi lebarane melu sing akhir, tapi hari terakhir tetep puasa, konsisten, soale didawuhi ibu

      Hapus
  20. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus

Terima Kasih Atas Kunjungannya
Harap berkomentar yang santun
dan tidak ada unsur SARA dan pornografi
Maaf, komentar dengan link aktif akan dihapus