Rabu, 24 Agustus 2016

TIPS BELAJAR SPSS SECARA MANDIRI DENGAN MENU HELP

Mahasiswa dalam akhir masa studinya, akan dihadapkan pada keharusan untuk membuat skripsi/tesis dan melakukan penelitian. Pada penelitian dengan pendekatan kuantitatif, membutuhkan suatu analisis statistik tertentu. Software analisis statistik menjadi sebuah kebutuhan untuk mempermudah dalam melakukan analisis statistik. Salah satu software analisis statistik yang sangat banyak digunakan mahasiswa adalah SPSS. Namun, adakalanya mahasiswa kebingungan dalam mengoperasikannya, mungkin karena tidak terbiasa menggunakannya.
Mempelajari SPSS sebenarnya tidak terlalu sulit, karena segala seluk beluk tentang operasionalisasi SPSS dan juga statistik yang mampu dianalisis, dijelaskan secara lengkap pada menu Help. Apabila kita membuka menu Help pada bagian Topics, maka akan terbuka suatu database topik yang ada dalam sotware SPSS. Kita bisa belajar SPSS step by step dengan meng-klik help topics di kolom sebelah kiri.



Pada data files, kita bisa mengetahui bagaimana membuka dokumen, menyimpan dokumen, dan eksport dokumen ke file software lainnya. Pada data editor, dapat kita jumpai petunjuk untuk mengisi atribut variabel diantaranya meliputi nama, tipe variabel, label, dan nilai label. Di sini juga dijelaskan secara teori mengenai jenis dan tipe variabel. Pada analysing data, akan kita jumpai penjelasan mengenai berbagai analisis statistik yang bisa diolah. Keterangan dan penjelasan yang dideskripsikan tidak hanya cara mengoperasikan SPSS tetapi disertai dengan penjelasan secara teori, sehingga belajar melalui Help tidak hanya belajar SPSS tetapi secara tidak langsung juga belajar teori statistik. Mengenai keseluruhan isinya dapat dicoba sendiri, sehingga akan lebih paham.
Penjelasan operasionalisasi SPSS, apabila hanya sedikit langkahnya, hanya dideskripsikan dengan narasi saja.


Namun, apabila terdiri dari beberapa langkah dideskripsikan dalam bentuk "gallery image" yang bisa diklik maju dan mundur untuk memunculkan semua image-nya. Pada penjelasan, cari kata show me, dan kemudian klik.




Apabila kita menghadapi suatu analisis yang tidak diketahui, misalnya reliabilitas dengan KR-20, maka terdapat langkah yang lebih singkat, yaitu dengan meng-klik menu index yang terdapat di kolom sebelah kiri, dan kemudian tuliskan kata kunci KR-20. Setelah itu, kita akan dibawa kepada materi reliabilitas yang di dalamnya juga terdapat penjelasan mengenai reliabilitas dengan KR-20.


Apabila menghendaki mempelajari materi secara lengkap melalui hard copy, kita juga bisa nge-print semua menu Help, dan untuk itu bisa dilakukan dengan mengklik menu option dan sub menu print. Semoga tips ini bisa membantu para mahasiswa maupun praktisi yang ingin mempelajari SPSS. Kunci dari semua ini adalah jangan lelah untuk mencoba, sehabis kesusahan pasti ada kemudahan.

Berbagi Informasi
Berbagi Informasi Updated at: Rabu, Agustus 24, 2016

1 komentar:

Terima Kasih Atas Kunjungannya
Harap berkomentar yang santun
dan tidak ada unsur SARA dan pornografi
Maaf, komentar dengan link aktif akan dihapus