Sabtu, 27 Agustus 2016

TIPS MENANAMKAN TANGGUNG JAWAB PADA ANAK

Tips menanamkan tanggung jawab pada anakTanggung jawab merupakan salah satu karakter penting untuk ditanamkan kepada anak. Tanggung jawab merupakan sikap dan perilaku untuk melaksanakan tugas dan kewajibannya, sebagaimana yang seharusnya ia lakukan terhadap diri sendiri, masyarakat, lingkungan dan Tuhan Yang Maha Esa.
Karakter tanggung jawab perlu ditanamkan kepada anak, agar nantinya anak dapat menjadi pribadi yang tekun dan bersungguh-sungguh dalam melakukan aktivitas yang menjadi kewajibannya. Menanamkan karakter tanggung jawab kepada anak tidak bisa dilakukan secara instan, tetapi melalui suatu proses berkelanjutan, sehingga nilai tanggung jawab dapat tertanam kuat dan dapat diimplementasikan dalam keseharian mereka.
Berikut beberapa tips yang dapat digunakan orang tua dalam menanamkan tanggung jawab kepada anak, diantar anya:
Dimulai sejak dini pada kegiatan yang sederhana
Berikan kepercayaan kepada anak sedini mungkin untuk melakukan suatu aktivitas untuk membantu orang tua, misalnya membuang sampah pada tempatnya, dan menata tempat tidur. Orang tua harus mengajarkan bahwa tugas yang sederhana tersebut harus dikerjakan oleh anak sebagai bentuk tanggung jawabnya.

Menanamkan bahwa segala sesuatu mempunyai konsekuensi
Orang tua harus menjelaskan kepada anak, bahwa segala perbuatan pasti mempunyai konsekuensi. Anak harus siap dengan segala konsekuensi dari perbuatannya tersebut. Misalnya, apabila anak melanggar aturan, maka akan terkena sanksi/hukuman, apabila anak suka berbohong, maka tidak akan dipercaya teman-temannya.

Jangan memberikan hadiah atas pertolongan yang dilakukan
Jangan memberikan hadiah kepada anak ketika menolong teman atau orang tua. Dengan tidak memberikan hadiah, maka anak akan mengerti bahwa menolong orang lain itu merupakan hal yang wajib dilakukan. Pada diri anak juga akan timbul empati atas kesusahan dan penderitaan orang lain.

Biarkan anak menanggung konsekuensi dari perbuatannya
Orang tua hendaknya membiarkan anak menanggung konsekuensi dari perbuatannya. Apabila anak melakukan suatu kesalahan, jangan membelanya, tetapi biarkan anak menanggung kesalahan yang diperbuatnya. Hal ini akan melatih anak untuk bertanggung jawab dengan segala perbuatannya.

Jadikan tanggung jawab menjadi nilai keluarga
Orang tua harus sering berdiskusi dengan anak mengenai pentingnya tanggung jawab dalam kehidupan. Tanamkan kepada anak bahwa hal itu merupakan sebuah nilai yang penting dalam keluarga. Orang tua harus memberikan teladan mengenai tanggung jawab, sehingga anak dapat belajar dengan melihat perilaku orang tua.

Apa yang dideskripsikan di atas, tentulah bukan semua cara untuk menanamkan tanggung jawab pada anak. Sedikit cara di atas, diharapkan menjadi sumber informasi tambahan dalam rangka menanamkan nilai-nilai tanggung jawab kepada anak.

Berbagi Informasi
Berbagi Informasi Updated at: Sabtu, Agustus 27, 2016

3 komentar:

Terima Kasih Atas Kunjungannya
Harap berkomentar yang santun
dan tidak ada unsur SARA dan pornografi
Maaf, komentar dengan link aktif akan dihapus