Rabu, 12 Oktober 2016

SERI BELAJAR EVIEWS: MENGENAL JENIS DATA PENELITIAN

Sebelum belajar untuk menganalisis data dengan menggunakan Eviews, suatu hal yang penting untuk diketahui adalah mengenai jenis-jenis data penelitian.  Data penelitian dapat dibedakan menjadi:

Data Time Series (runtun waktu)

Data time series atau data runtun waktu merupakan serangkaian data yang diambil dalam waktu yang berbeda. Di bawah ini merupakan contoh data IHK di Indonesia tahun 2015 yang merupakan data time series.

Data Time Series
Data Time Series
Data Cross Sectional
Data cross sectional merupakan serangkaian data yang terdiri dari satu observasi untuk setiap tempat, orang, perusahaan, negara dll. Di bawah ini merupakan contoh data mengenai motivasi kerja dan dan kepuasan kerja yang diambil melalui kuesioner pada responden penelitian, dan merupakan data cross sectional.

Data Cross Sectional
Data Cross Sectional
Data Panel dan Data Pool
Pada dasarnya, data panel dan data pool merupakan penggabungan data cross sectional dan data time series. Namun ada perbedaan dalam formatnya. Startz (2015 : 286) menyatakan sebuah data panel dapat dianggap sebagai satu set cross sectional (negara, orang, dll) di mana setiap tempat atau orang dapat diikuti dari waktu ke waktu. Data pool adalah satu set data time series pada variabel tunggal, di mana diamati sejumlah tempat atau orang.
Agar lebih jelas mengenai perbedaan format data panel dan data pool dalam Eviews, berikut merupakan contoh data PDRB DIY per kabupaten tahun 2010 – 2014.

Data Pool
Data Pool
Data Panel
Data Panel

Membutuhkan jasa analisis data statistik: hubungi kami lewat form contact me

Referensi:
Startz, R. (2015). EViews Illustrated for Version 9. California: IHS Global Inc.





Berbagi Informasi
Berbagi Informasi Updated at: Rabu, Oktober 12, 2016

3 komentar:

Terima Kasih Atas Kunjungannya
Harap berkomentar yang santun
dan tidak ada unsur SARA dan pornografi
Maaf, komentar dengan link aktif akan dihapus