Selasa, 28 Januari 2014

MEMOTIVASI DIRI SENDIRI, MEMBUAT LANGKAH YANG BERARTI

Memotivasi Diri Sendiri membuat langkah yang berarti
Sumber
Sebenarnya ide tulisan ini sudah ada dalam pikiran pada hari Jum'at, ketika saya blogwalking dan berkunjung ke blog On Share miliki mas Onqi dan blok Ikerenki. Namun kesibukan yang menyita waktu menyebabkan tulisan ini sedikit tertunda. Artikel pada blog On Share, membahas mengenai perlunya percaya diri, disertai penjelasan teknik membangunnya. Adapun artikel pada blog Ikerenki, membahas resep sukses Bill Gates dalam membangun bisnisnya. Kedua artikel tersebut walaupun membahas tema yang berbeda, tetapi menurut saya ada suatu hubungan secara tidak langsung.

Langkah-langkah besar dapat dilakukan seseorang, salah satu modalnya adalah adanya kepercayaan diri. Ketika kita akan melakukan suatu pekerjaan, terkadang kita tidak percaya diri dan dihantui pikiran apakah kita mampu mengerjakannya ? Jangan-jangan hasilnya nanti tidak seperti yang diharapkan. Bayangan dan ketakutan akan kegagalan tersebut akan menghambat langkah kita, dan ini harus kita hilangkan. Kita akan bisa apabila kita berpikir bisa.

Terkadang bayangan dan ketakutan akan kegagalan, juga disebabkan karena kita berpikir terlalu rumit dalam menyelesaikan suatu masalah atau pekerjaan. Ada sebuah cerita anak, yang mengisahkan seorang raja yang ingin meninjau wilayah kerajaannya. Ketika keluar Istana, raja menemukan banyak jalan yang rusak dan berbatu, sehingga membuat kaki sang raja lecet-lecet. Raja kemudian memerintahkan untuk melapisi jalan yang akan dilalui dengan kulit domba, agar kaki raja tidak lecet-lecet ketika melewatinya. Seorang bawahannya kemudian menghadapi raja dan menyatakan bahwa yang dibutuhkan raja sebenarnya hanya sepatu kulit saja, agar kakinya tidak lecet kalau melewati jalan yang rusak. Cerita ini memberikan gambaran bahwa terkadang masalah yang kelihatan rumit, ternyata dapat diselesaikan dengan cara yang sederhana, apabila kita berpikir secara lebih kreatif. Namun tidak baik juga kalau kita mengecilkan suatu masalah.

Ketika sudah memiliki kepercayaan diri, bagaimana agar kita dapat membuat suatu langkah yang besar sebagaimana Bill Gates ? Banyak tokoh besar yang membuat karya besar memulainya dari sebuah lamunan. Jadi tidak ada salahnya kalau kita melamunkan langkah-langkah yang harus dilakukan, walaupun kalau terlalu banyak melamun juga tidak baik. Perlu digarisbawahi bahwa melamun tidak sama dengan berangan-angan. Kalau berangan-angan adalah mengharapkan suatu keadaan berubah tanpa melakukan usaha. Namun kalau melamun adalah membayangkan langkah-langkah yang bisa kita lakukan di masa mendatang.

Satu hal yang penting ketika kita merencanakan sebuah langkah besar adalah memandang dunia ini secara lebih luas. Kita harus berani keluar dari zona nyaman, dan memandang dunia secara lebih luas. Apabila memandang sempit dunia kita, maka tindakan yang diambilpun akan kerdil, sebaliknya apabila kita memandang luas dunia, maka kita pun dapat melakukan tindakan-tindakan yang penting dan berharga. Tindakan kita sebatas, bagaimana kita memandang dunia.

Apabila sudah menetapkan sebuah rencana besar, maka sebaiknya kita tidak menyerah dan mengambil peluang yang ada. Ada sebuah cerita mengenai Napoleon yang berusaha menyeberangi pegunungan Alpen, membawa 60.000 tentara lengkap dengan peralatannya dalam jumlah besar. Suatu kesulitan yang dinilai mustahil oleh sebagian orang lain. Namun ternyata tindakan yang dinilai mustahil tersebut mampu diselesaikannya, dengan keberanian, tekad, dan pantang menyerah.

Bukan suatu hal yang mudah untuk dapat melaksanakan semua yang dideskripsikan di atas. Tujuan tulisan ini terutama ditujukan untuk memotivasi diri sendiri, dan diharapkan juga dapat bermanfaat bagi orang lain.

Berbagi Informasi
Berbagi Informasi Updated at: Selasa, Januari 28, 2014

98 komentar:

  1. Jadi cheerleader buat diri sendiri dong yah :)

    BalasHapus
  2. Motivasi bs saja dtg dr luar, tp yg terpenting adl dr diri sendiri, mau dimotivasi atau tidak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah kayaknya kang Pri motivator ya ..? boleh kang ...

      Hapus
    2. kurang motivasi? sini saya sundul dari sini..

      Hapus
    3. saya mau masukin ke gawanng, tapi yang jaga gawang koq wonder woman ya, jadi saya malu

      Hapus
    4. wah kalo wonder woman takutnya salah yang dimasukinya mas, bisa berabe dunia persilatan hehehe...

      Hapus
  3. wow.. artikel yang sangat bermanfaat sekali, thx sharingnya bos...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama mas, semoga ada manfaatnya khususnya buat saya pribadi .. hehehe

      Hapus
  4. pas banget mas, memotivasi diri ketika melihat hujan yang tak kunjung reda dan merasakan betapa kasihannya mereka yang terkena musibah heu..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul, apapun keadannya harus tetap semangat dan optimis bahwa hari esok masih ada dan harus lebih baik ..

      Hapus
  5. Balasan
    1. Mudah-mudahan ada manfaatnya ya mas Valentino, khususnya buat saya .. hehehe

      Hapus
  6. kalau kita sudah terbentuh masalah itu akan semakin rumit meski kadang sebenarnya bisa diselesaikan dengan cara sederhana dan mungkin karena efek yang kita hanya sebatas memandang dunia

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mbak, terkadang memang orang hanya memandang sempit dunia, sehingga langkah-langkah yang diambil hanya sebatas dalam dunianya ..

      Hapus
  7. setuju mas memotivasi diri sendiri memang sangat diperlukan dan harus bisa dilakukan, terkadang banyak diantara kita merasa pesimis duluan ibaratnya kalah sebelum berperang, belum juga berusaha dengan maksimal tapi kita sendiri suka memponis bahwa hal tersebut belum tentu bisa dilakukan padaha kita belum mencobanya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mas, kadang saya juga seperti itu. Beberapa kasus saya nekad, ternyata setelah dijalani, saya bisa ..

      Hapus
    2. tapi adakalanya disaat kita terdesak suka jadi bisa ya mas, kenapa tuh? apa mungkin karna dituntut harus bisa gitu kali ya :)

      Hapus
    3. Biasanyanya lalu lebih kreatif, saya sepakat barangkali karena ada desakan atau tuntutan harus bisa ..

      Hapus
  8. Artikel yang bagus. Memotivasi diri sendiri, membuat langkah yang berarti. Disamping itu bentuk sugesti positif kepada diri sendiri konon 'sangat luar biasa' efeknya. Dalam lingkup yang besar seperti motto 'Indonesia Bisa'. Berbahagialah bagi mereka yang menjadi insan produktif, suka menolong, tangguh, cekatan, kreatif, disiplin, menghargai waktu, dan menjadi teladan. Salam cemerlang!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mas Herdoni, terkadang kita memang harus memotivasi diri sendiri dan biasanya motivasi intern itu memang lebih kuat pengaruhnya ...

      Hapus
  9. saya lebih senang mengambil langkah kecil meski dengan resiko yang besar dan selalu berusaha maksimal untuk bisa menyelesaikan setiap tantangan, langkah kecil namun pasti itu dapat menjadi sebuah langkah awal untuk sesuatu yang besar, dan memang kepercayaan diri menjadi salah satu faktor penting dalam hal seperti ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul sekali mas, langkah kecil itu awal dari langkah yang besar. Apapun langkah kita, yakin dan usaha maksimal barangkali menjadi kuncinya .. hehe

      Hapus
  10. motivasi memang sangat penting untuk memberikan dorongan untuk melakukan sesuatu dan meninggalkan seseuatu ya mas :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mbak, kalau gak ada motivasi kadang kita males untuk melakukan sesuatu dan akhirnya malah tertunda ..

      Hapus
    2. kalau nggak ada motivasi biasanya akan menemukan kegagalan yah mas.

      Hapus
    3. Kalau toh kemudian berhasil, tapi tanpa adanya motivasi barangkali hasilnyapun kurang optimal ..

      Hapus
  11. wahh bagus ini artikelnya sob thx nya

    BalasHapus
  12. Keren sangat artikelnya. :) Memotivasi diri sendiri membuat kita lebih percaya diri dan menjadi lebih baik :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih mas, ini saya tuliskan di sini, biar jadi pengingat khususnya bagi saya, agar tidak ragu2 untuk bertindak ..

      Hapus
  13. Balasan
    1. makasih mas, semoga bisa saya terapkan dan juga diterapkan teman2 yang membutuhkan ..

      Hapus
  14. kita harus belajar memotivasi diri sendiri agar suatu saat bisa memecahkan masalah yang sedang kita alami atau hadapi.

    BalasHapus
  15. Mas, kalo Anda terus maju. waah...Mario tegoh lewat mas...:D hihihi

    Kunjungan perdana...ditunggu visit & follback nya..:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah, sangat jauh saya kalau dibandingkan Mario Teguh mas .. hehe
      makasih kunjungannya ...

      Hapus
    2. sapa bilang kang...ilmu dan wawasannya seh beda tipis doang ko'...yang bikin beda jauh akang dengan mario itu cuman rezekinya doang.....tampang malah gantengan akang ko'.

      Hapus
  16. Bukan gampang2 susah mas, menurut saya memang susah .. hehehe
    Kadang sifat menyepelekan masalah itu jadi kendala ..

    BalasHapus
  17. melamunnya harus ada arah, rencana juga ya mas,,,, jangan melamun kosong,,,,,

    makasih motivasinya,,,,
    moga tetap optimis dalam segala hal,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mbak, terarah dan bukan berangan-angan yang tidak pasti ..

      Hapus
  18. motivasi yg keren mas... jadi semangat

    BalasHapus
  19. cemunguttthh, artikelnya memotivasi ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih mbak Dwi, semoga ada manfaatnya khususnya buat saya pribadi dan juga bisa bagi orang lain ...

      Hapus
  20. sangat termotivasi pak, dengan artikel yang bapak suguhkan
    thanks

    BalasHapus
  21. Balasan
    1. Makasih mas, semoga bisa bermanfaat untuk memotivasi kita semua, khususnya saya .. hehehe

      Hapus
  22. mantap sekali mas artikelnya sangat memotivasi sekali, kalau kita sudah melangkah maju jangan pernah sekalipun melihat kebelakang seperti Napoleon bisa berhasil karena tekad dan niat dan keberanian.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener mas. Sebagian kita memang terkadang kurang yakin akan kemampuan sendiri, dan juga tekad yang benar-benar kuat ..

      Hapus
  23. Saya sangat setuju mas, Percaya diri serta menghilangkan rasa takut akan kegagalan bisa menjadi memotivasi diri sendiri.

    BalasHapus
  24. bagus banget tulisan'a sob ..
    memang sebelum memotivasi orang lain, motivasilah diri sendiri terlebih dahulu

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya setuju, tulisan ini memang sangat menggugah.

      Hapus
    2. Bener mas Yazid dan kang Zach. Akhir-akhir ini saya agak malas bekerja, sampai pada akhirnya saya sadar harus tetap action dan membuat perubahan. Baca postingan di blog On Share dan blog Ikerenki membuat saya tersadar dan berusaha untuk tetap memotivasi diri dan mencoba berdialog dengan diri sendiri. Hasil dialog ini kemudian saya tuliskan dalam postingan ..

      Hapus
  25. menyugesti diri kita sendiri itu menjadi penting ya Kang? kadang nek pas nglokro, krungu atau membaca tulisan kaya kiye, dadi bisa bangkit. tentu dengan buru2 menyadarkan diri masing2.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tujuanku juga kaya kuwe kang, jane maune mung go awake dewek, tapi tek pikir-pikir apik juga nek di-share, mungkin ana manfaate go wong liya ..

      Hapus
  26. motivasinya super sekali pak isnaeni. saya setuju apabila ada di benak kita, bahwa kita bisa pasti bisa, tapi sebaliknya jika belum mencoba tapi berpikir tidak bisa pasti tidak bisa, walaupun sebenarnya ia bisa melakukannya. nice post mas bro :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih mas Mukhamad Sholikhudin. Kekuatan pikiran, sugesti, terkadang tidak bisa dibayangkan. Menurut saya, seperti apa diri kita adalah seperti apa yang kita pikirkan

      Hapus
  27. betul sekali mas, saya setuju dengan pikiran kreatif, seperti halnya raja yang lecet kakinya sebenarnya hanya butuh sepatu kulit saja bukan kulit domba sak ndalan ndalan.
    untuk keluar dari zona nyaman ini saya agak sulit mas, takut dengan ayang-ayange dewe, itulah mengapa hidup saya tidak berkembang. Ada cerita juga, gelas di isi garam akan terasa asin, tapi jika garam tersebut di taburkan ke telaga tidak akan terasa asin. karena itulah memandang dunia secara luas itu perlu. agar otak saya tidak begitu-begitu saja.
    hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kadang keadaan membuat kita terpaksa keluar dari zona nyaman, dan memang sulit, karena tentu banyak sekali pertimbangan ..

      Hapus
  28. Motivasi diri kita sendiri supaya semangat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mas, seringkali kita jenuh dengan rutinitas kerja walaupun sebenarnya itu harus dikerjakan, dan untuk itu diri kita harus terus dimotivasi ..

      Hapus
  29. Motivasi yang bagus mas.. Intinya semua haru di lakukan dengan fikiran yang poritif dan kreatif ya mas. Hehehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya mas, apapun itu, pikiran harus jernih, positif dan kreatif, memandang diri, lingkungan, dan juga peluang ..

      Hapus
  30. Belajar motivasi saya dari Mas Is yah? agar saya lebih baik dan
    Lebih mapan untuk di kemudian hari. terima kasih Mas Is?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tepatnya sama-sama belajar mas Saud, semoga bisa ada manfaatnya ..

      Hapus
  31. iya betul mas saya sepakat dengan artikel diatas. Dengan adanya motivasi, maka kita jadi semangat ya dalam melaksanakan aktivitas kita dan untuk menggapai tujuan kita :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mbak, biar lebih semangat untuk melakukan sesuatu yang bermanfaat

      Hapus
  32. jika semua org bsa berpikir seperti itu, pasti nggak pada gampang putus asa, tapi Allah juga maha adil dengan adanya putus asa atau sejenisnya manusia jadi brpikir. untuk kerana untuk mengetahui keaslian emas aja harus dibakar dulu ....

    Semangat mas isnaen salam silaturrahmi ... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biasanya memang seperti itu mas Fiu, kalau sudah ada masalah baru mencoba untuk berpikir dan bertindak. Alangkah baiknya kita tidak menunggu keadaan menjadi kurang baik, tetapi mengupayakan bagaimana keadaan menjadi lebih baik ..

      Hapus
  33. sehingga kita bisa selalu semangat ya mas kalau ada motivasi untuk mencapai tujuan dan target yang kita inginkan :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul, membuat target menurut saya juga sangat penting, tetapi harus disesuaikan dengan kemampuan. Target yang terlalu rendah membuat semua kurang optimal, tetapi target yang terlalu tinggi di luar kemampuan juga kurang baik karena membuat kita terlalu ngoyo dan bahkan ketika tidak mampu mencapainya akan berdampak pada kondisi psikologis yang kurang baik ..

      Hapus
  34. benar karena tidak semua orang akan memotifasi kita jadi awali untuk memotivasi diri kita sendiri :)

    BalasHapus
  35. iya bner gan... smua langkah yang kita jalanin harus ada dorongan yang kuat dari dlam diri kita, klo g mulai diri kita sendiri... mau siapa lagi? :-) nice post gan

    BalasHapus
  36. saya serin banget bahas tentang kata-kata motivasi, yang anehnya , kenapa saya sendiri tidak termotivasi dengan kata2 tsb.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Barangkali perlu lebih dari sekedar kata-kata ya mas .. hehehe

      Hapus
  37. motivasi layaknya makanan sehari-hari agar bisa tetap semangat menjalani hidup

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mas, biar lebih semangat dalam menjalani segala aktivitas ..

      Hapus
  38. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  39. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus

Terima Kasih Atas Kunjungannya
Harap berkomentar yang santun
dan tidak ada unsur SARA dan pornografi
Maaf, komentar dengan link aktif akan dihapus