Kamis, 20 Oktober 2016

MANFAAT MENANGIS

Setiap orang pasti pernah menangis dan mengeluarkan air mata. Namun hanya sedikit yang mengetahui bahwa air mata yang dikeluarkan karena menangis mempunyai banyak keuntungan bagi kesehatan maupun psikologis. Pada dasarnya terdapat tiga jenis air mata, yaitu:
1)   air mata basal (basal tears), yaitu air mata yang selalu keluar untuk melindungi bola mata, sehingga tidak terjadi kekeringan dan rentan terhadap serangan bakteri.
2)  Air mata refleks (reflex tears), yaitu air mata yang dikeluarkan ketika terjadi iritasi, masuknya benda asing, atau asap asam seperti ketika mengiris bawang.
3)   Air mata berhubungan dengan emosional/stres (emotional/stress-related tears), yaitu air mata yang keluar ketika emosional (kebahagiaan atau kesedihan/stres).


Beberapa orang menganggap bahwa menangis dan mengeluarkan air mata sebagai sebuah kelemahan atau cengeng. Mereka mungkin tidak tahu manfaat yang bisa didapatkan dari menangis. Berikut merupakan manfaat kesehatan maupun psikologis dari menangis.
Menangis 
Membantu fungsi penglihatan
Air mata yang dikeluarkan tidak hanya berfungsi untuk melumasi bola mata, tetapi juga mencegah dehidrasi dari berbagai membran mukosa, sehingga akan membantu dalam penglihatan.

Membunuh Bakteri
Air mata merupakan agen antibakteri alami. Air mata mengandung lisozim, yang dapat membunuh 90 – 95% dari semua bakteri hanya dalam 5-10 menit.

Menghilangkan Racun
Air mata yang dikeluarkan saat emosional (emotional tears) mengandung kadar protein albumin yang berfungsi untuk mengeluarkan racun, 24% lebih tinggi dibandingkan air mata yang dikeluarkan saat terjadi iritasi.

Berpengaruh baik pada hidung
Perjalanan air mata melalui saluran air mata ke hidung, kemudian bercampur dengan lendir di hidung sehingga dapat menjaga kelembaban hidung serta membebaskan dari bakteri.

Meningkatkan mood (suasana hati)
Banyak penelitian yang mendapatkan hasil bahwa suasana hati dapat dibentuk kembali setelah menangis. Sebuah studi yang dilakukan di Universitas Florida menemukan bahwa 88,8% responden menyatakan bahwa menangis dapat meningkatkan suasana hati (mood). Air mata yang dikeluarkan meningkatkan kadar mangan yang akan membentuk suasana hati.

Menurunkan tingkat stres
Sebuah studi yang dilakukan oleh Dr. William H. Frey II di St Paul-Ramsey Medical Centre menemukan bahwa air mata emosional membantu tubuh melepaskan diri dari bahan kimia jahat yang meningkatkan kortisol (hormon stres). Hal ini menyebabkan tingkat stres menurun setelah menangis.

Berbagai manfaat menangis yang dideskripsikan di atas, menjadi pelajaran bagi kita bahwa begitu sempurnanya ciptaan Allah SWT. Semua organ dan bagian dari tubuh mempunyai fungsi dan manfaatnya masing-masing. 

Berbagi Informasi
Berbagi Informasi Updated at: Kamis, Oktober 20, 2016

1 komentar:

Terima Kasih Atas Kunjungannya
Harap berkomentar yang santun
dan tidak ada unsur SARA dan pornografi
Maaf, komentar dengan link aktif akan dihapus