Sabtu, 15 Oktober 2016

MENGENAL TANDA DAN GEJALA DIABETES MELLITUS

Diabetes Mellitus merupakan penyakit yang banyak diderita oleh masyarakat di Indonesia. Mengenai penyakit diabetes mellitus dapat dibaca di sini. Banyak tanda dan gejala dari penyakit hipertensi yang harus dipahami, agar dapat melakukan tindakan pencegahan atau pengobatan. Beberapa tanda dan gejala penyakit diabetes, diantaranya adalah sebagai berikut:

Sering merasa lapar dan lelah
Ketika kita makan, tubuh akan mengubah makanan yang dimakan menjadi glukosa yang nantinya akan dipergunakan oleh sel-sel tubuh menjadi energi. Agar glukosa dapat diserap oleh sel-sel tubuh, dibutuhkan insulin. Jika dalam tubuh tidak tersedia cukup insulin, atau jika sel menolak insulin, maka glukosa tidak terserap ke dalam sel. Hal ini menyebabkan tubuh kekurangan energi, sehingga kita akan merasakan lapar dan lelah.
                         
Sering buang air kecil dan haus
Akibat tidak terserapnya glukosa ke dalam sel, maka kadar gula darah menjadi tinggi. Akibatnya tubuh membuangnya dalam bentuk urine. Ketika kita lebih sering buang air kecil, maka tubuh menjadi cepat haus, dan apabila kita minum lebih banyak, akan semakin sering juga kita buang air kecil. Rata-rata orang biasanya buang air kecil antara empat sampai tujuh kali sehari semalam, tapi orang-orang yang menderita diabetes dapat buang air kecil dengan frekuensi yang lebih banyak.

Mulut kering dan kulit gatal
Ketika tubuh seringkali buang air kecil, maka cairan dalam tubuh berkurang. Akibatnya kelembaban kulit dan tubuh menjadi berkurang. Hal ini menyebabkan mulut terasa kering. Berkurangnya kelembaban tubuh juga menyebabkan kulit menjadi kering. Kulit kering juga seringkali menyebabkan rasa gatal.

Kehilangan berat badan
Pada penderita diabetes, seringnya buang air kecil, maka tubuh membuang gula dan juga kalori. Pada saat yang sama, sel-sel juga kurang dalam menyerap glukosa. Efek gabungan kedual hal tersebut adalah potensi penderita diabetes untuk mengalami penurunan berat badan secara cepat.

Penglihatan yang kabur
Kadar gula darah yang tinggi akan menarik cairan dari jaringan tubuh, termasuk lensa mata. Hal ini menyebabkan kemampuan mata untuk fokus.

Penyembuhan luka yang lambat
Sirkulasi darah dengan kadar gula yang tinggi menyebabkan kerusakan pada beberapa pembuluh darah. Hal ini menyebabkan darah yang diperlukan untuk penyembuhan luka kesulitan untuk mencapai luka di tubuh tersebut.

Mudah terkena infeksi
Penderita diabetes mudah terinfeksi oleh bakteri dan jamur. Hal ini disebabkan karena bakteri dan jamur berkembang secara baik pada lingkungan yang banyak mengandung gula.

Kesemutan atau mati rasa
Kesemutan dan mati rasa di bagian tangan dan kaki, bersama dengan rasa seperti terbakar atau bengkak, merupakan tanda-tanda bahwa saraf mulai rusak karena diabetes.

Munculnya area gelap di kulit di beberapa bagian tubuh
Beberapa penderita diabetes tipe 2 memiliki bercak, kulit gelap seperti beludru di lipatan tubuh mereka, dan biasanya berada di ketiak dan leher. Kondisi ini, disebut acanthosis nigricans, mungkin menjadi tanda resistensi insulin.

Gejala-gejala di atas, juga berpotensi untuk merubah perilaku penderita, yaitu lebih mudah marah, dan tidak bisa fokus dalam melakukan sesuatu.

Referensi:
http://www.idf.org/signs-and-symptoms-diabetes.
http://www.webmd.com/diabetes/guide/understanding-diabetes-symptoms.
http://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/diabetes/in-depth/diabetes-symptoms/art-20044248.
http://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/type-2-diabetes/symptoms-causes/dxc-20169861.
http://www.health.com/health/gallery/0,,20442821,00.html.

Berbagi Informasi
Berbagi Informasi Updated at: Sabtu, Oktober 15, 2016

5 komentar:

  1. Aku sering merasa haus dan sering buang air kecil. Jangan-jangan dah kena juga nih. Perlu waspada nih. Thanks pals

    BalasHapus
  2. ok mas. buat referensi. kuatir juga wis maju tuwa je

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kudu waspada memang, wis 40-an biasane mulai teka penyakite

      Hapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus

Terima Kasih Atas Kunjungannya
Harap berkomentar yang santun
dan tidak ada unsur SARA dan pornografi
Maaf, komentar dengan link aktif akan dihapus