Senin, 17 Oktober 2016

WASPADAI HIPERTENSI (5): Makanan Yang Baik Untuk Menurunkan Tekanan Darah

Penyakit hipertensi mempunyai kecenderungan kejadian yang meningkat, seiring dengan perubahan gaya hidup seperti merokok, obesitas, inaktifitas fisik dan stres psikososial. Menjaga pola makan, menjadi sebuah hal yang perlu dilakukan apabila kita menderita hipertensi.
Pemilihan jenis makanan hendaknya mempertimbangkan kandungan dari bahan makanan yang dikonsumsi. Bahan makanan yang mengandung kalsium, magnesium dan potassium merupakan bahan makanan yang baik untuk penderita hipertensi. Mineral-mineral ini mempercepat pengeluaran sodium dan cairan dari dalam tubuh, dan membuat saluran arteri menjadi lebih lebar dan fleksibel, sehingga akan menurunkan tekanan darah.
                     
Sayuran hijau
Sayuran hijau seperti selada, arugula, lobak hijau, dan bayam yang tinggi potassium, akan meningkatkan rasio kalium terhadap natrium. Hal ini menyebabkan ginjal mudah untuk mengeluarkan natrium melalui urin, sehingga akan menurunkan tekanan darah. Selain itu, brokoli juga baik untuk menurunkan tekanan darah. Brokoli yang seukuran cangkir mengandung 6% kalsium, 8% magnesium, dan 14% potassium.

Kentang
Kentang mempunyai kandungan kalium dan magnesium yang tinggi, dua mineral yang dapat membantu menurunkan tekanan darah. Selain itu, kentang juga mengandung serat tinggi, yang membantu memperlancar pencernaan.

Pisang
Satu pisang ukuran sedang mengandung 1% kalsium, 8% magnesium, dan 12% kalium, sehingga membantu menurunkan tekanan darah.

Alpukat
Satu setengah buah alpukat mengandung 1% kalsium, 5% magnesium, dan 10% kalium yang dapat menurunkan tekanan darah.

Paprika merah
Paprika merah seukuran cangkir mengandung 1% kalsium, 4% magnesium, dan 9% kalium yang dapat menurunkan tekanan darah.

Demikian beberapa bahan makanan yang banyak mengandung kalsium, magnesium dan potassium, sehingga membantu menurunkan tekanan darah dan baik dikonsumsi oleh penderita hipertensi. Tentu saja apa yang sudah disebutkan di atas tidak semuanya, dan masih banyak bahan makanan lain yang banyak mengandung mineral-mineral tersebut, yang baik dikonsumsi oleh penderita hipertensi.

Referensi:
http://www.healthline.com/health-slideshow/foods-good-for-high-blood-pressure.
http://www.prevention.com/food/13-power-foods-that-lower-blood-pressure-naturally/slide/.
http://www.smallcrab.com/kesehatan/1089-tiga-jenis-mineral-untuk-menurunkan-tekanan-darah-tinggi.

Berbagi Informasi
Berbagi Informasi Updated at: Senin, Oktober 17, 2016

6 komentar:

  1. oke Mas. Insya Allah sudah mempraktekkan. mung yang paprika itu agak jarang saya temui. ya sing papat ndhuwur bae lah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sing penting mangan panganan sehat, sayur aja kelalen, sing akeh serat juga ..

      Hapus
  2. Balasan
    1. Apik kang Zach ...
      Suwe ra ngblog, barang bukak maning, blog-e rika wis dihapus ...

      Hapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  4. Nice info, thanks for share, oh ya saya mau berbagi, baru saja saya menemukan Video Viral tentang Hobby jadi Bisnis trus minum Kopi Terbaik sambil simak Media Kalteng baca tentang Paid Promote untuk Jual Akik Gambar buat modal usaha sablon kaos

    BalasHapus

Terima Kasih Atas Kunjungannya
Harap berkomentar yang santun
dan tidak ada unsur SARA dan pornografi
Maaf, komentar dengan link aktif akan dihapus