Selasa, 18 Oktober 2016

TIPS MEMBIMBING ANAK DALAM MENONTON TELEVISI

Stop Konten Tidak MendidikTelevisi saat ini telah menjadi hiburan utama bagi masyarakat Indonesia, termasuk anak-anak. Namun, tidak semua acara yang disajikan televisi berpengaruh positif pada anak. Menjadi tugas orang tua untuk membimbing dan mengontrol acara televisi apa yang ditonton anak. Berikut ini beberapa tips dalam membimbing anak dalam menonton televisi.

Buat jadwal menonton acara televisi harian
Melihat jadwal acara televisi untuk besok bukan merupakan hal yang sulit, mengingat jadwal acara televisi dipublikasikan lewat internet. Biarkan anak menonton acara televisi yang diminatinya, namun harus diingat bahwa acara tersebut harus sesuai dengan usia dan perkembangannya. Jadwal menonton televisi ini penting untuk mencegah anak untuk memindah-mindah channel televisi, sehingga memungkinkan melihat tayangan yang tidak sesuai dengan usia dan perkembangannya. Setelah acara yang ditonton selesai, ajarilah anak untuk mematikan televisi.

Dampingi anak dan jelaskan mengenai acara yang ditonton
Mendampingi anak ketika menonton televisi sangat penting untuk memastikan bahwa acara yang ditonton anak sesuai dengan usia dan perkembangannya. Ketika mendampingi anak, orang tua harus menjelaskan mengenai acara yang ditonton anak. Keterbatasan pengetahuan anak menjadi anak mungkin tidak bisa membedakan fiksi dengan kenyataan, atau menanggapi sesuatu sesuai konsep moral.  Menjadi tugas orang tua menjelaskan mengenai acara televisi yang ditonton dan hal-hal yang ingin diketahui anak. Pada kesempatan tersebut, orang tua juga dapat memasukkan nilai-nilai moral dengan memperbandingkan nilai-nila moral yang terkandung dalam acara televisi yang ditonton anak.

Biasakan anak menonton televisi di ruang keluarga
Bukan ide yang baik untuk menyediakan televisi di kamar anak yang masih kecil. Hal ini untuk menghindari anak menonton acara televisi yang tidak sesuai dengan usia dan perkembangan anak. Biasakan anak menonton televisi bersama-sama di ruang keluarga, sehingga orang tua bisa melakukan bimbingan.

Matikan Televisi saat anak belajar
Pada anak-anak usia sekolah, maka sebaiknya orang tua mematikan televisi ketika anak sedang belajar. Suara bising dari televisi dapat mengganggu konsentrasi anak ketika belajar.

Suatu hal yang penting dilakukan orang tua, selain yang disebutkan di atas adalah luangkan waktu bersama anak untuk melakukan aktivitas yang bermanfaat seperti olah raga, bermain atau berbicara dengan anak. Hal ini untuk mengalihkan kegiatan menonton televisi dengan kegiatan-kegiatan lain yang bermanfaat.

Berbagi Informasi
Berbagi Informasi Updated at: Selasa, Oktober 18, 2016

3 komentar:

  1. Masalah siaran tv yang sekarang ini kurang mendidik kearah yang baik, memAng harus diwaspadai orang tua. Slah-salah anak akan mendapatkan pengetahuan yang belum pantas untuk didapatkannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya juga prihatin dengan kondisi tersebut mas Yadibarus. Banyak konten kekerasan dan budaya glamour. Idealisme membuat tontonan jadi tuntunan, kalah dengan tuntutan pasar dan profit.

      Hapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus

Terima Kasih Atas Kunjungannya
Harap berkomentar yang santun
dan tidak ada unsur SARA dan pornografi
Maaf, komentar dengan link aktif akan dihapus