Rabu, 19 Oktober 2016

TIPS MENCEGAH PENYAKIT DIABETES

Kesehatan merupakan hal pokok yang sangat penting dalam kehidupan seseorang. Mencegah lebih baik daripada mengobati. Upaya preventif akan lebih menguntungkan, baik dalam sisi kesehatan maupun dalam sisi ekonomi. Berikut beberapa tips yang dapat dilakukan untuk mencegah terjadinya penyakit diabetes.

Menjaga berat badan
Menjaga berat badan ideal merupakan suatu hal yang baik untuk mencegah terjadinya diebetes. Kelebihan lemak, terutama yang disimpan di perut, berpotensi meningkatkan kerentanan tubuh terhadap insulin. Hal ini menjadi penyebab kejadian diabetes tipe 2. Mengenai penyakit diabetes tipe 2 dapat dibaca disini.

Berolah raga secara teratur
Berolah raga secara teratur dalam kategori sedang membantu untuk menurunkan berat badan. Selain itu, olah raga teratur juga meningkatkan sensitivitas tubuh terhadap insulin, sehingga dapat mejaga gula darah dalam kondisi yang normal.

Diet sehat dan seimbang
Suatu hal yang baik untuk mencegah diabetes adalah dengan menerapkan diet sehat dan seimbang. Diet karbohidrat, diet tinggi sayuran dan biji-bijian, mengurangi lemak terutama lemak jenuh, makan makanan berserat tinggi, akan membantu untuk menjaga kadar gula darah.

Mengurangi minum soft drink
Sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang yang mengkonsumsi soft drink secara teratur 1 sampai 2 kaleng sehari atau lebih, memiliki risiko 26% lebih besar untuk terkena diabetes tipe 2  dibandingkan orang yang jarang minum soft drink.

Hindari minuman beralkohol
Terlalu banyak alkohol berpotensi menyebabkan kenaikan berat badan dan meningkatkan tekanan darah dan kadar trigliserida.

Berhenti merokok
Penelitian menunjukkan bahwa perokok mempunyai risiko dua kali lebih besar terkena diabetes dibandingkan yang bukan perokok.

Selain hal di atas, maka secara teratur melakukan check up dan pemeriksaan kadar gula darah, merupakan langkah yang baik untuk mencegah terjadinya diabetes.

Berbagi Informasi
Berbagi Informasi Updated at: Rabu, Oktober 19, 2016

1 komentar:

Terima Kasih Atas Kunjungannya
Harap berkomentar yang santun
dan tidak ada unsur SARA dan pornografi
Maaf, komentar dengan link aktif akan dihapus